Huawei Upayakan Transformasi Digital dengan Teknologi AI dan Cloud


Huawei

Huawei

Huawei hadirkan sejumlah solusi untuk mengupayakan transformasi digital dan mengubah dunia. Hal ini dilakukan dengan menawarkan berbagai teknologi canggih, mulai dari artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sebagai platform terkuat, hingga cloud computing.

Transformasi digital pun dilakukan pada pemerintahan hingga perusahaan dengan menggunakan perangkat serta ekosistem digital itu sendiri. AI sendiri disebut sebagai platform terkuat untuk transformasi industri.

Menurut Senior Director Cloud Strategy and Consulting Huawei Cloud Asia Pasifik, Neo Teck Guan, inovasi serta aplikasi dari AI ada di bisnis utama Huawei. AI pun digunakan untuk dapat mengkomersialisasikan produk, termasuk pula perangkat mobile.

Huawei sendiri akan berfokus untuk membangun ekosistem AI, termasuk pula mendapatkan talenta yang dapat mendukung pembangunannya. Neo menyebutkan, Huawei pun melakukan banyak upaya seperti membangun infrastruktur serta menyediakan program talenta guna mendukung terwujudnya ekosistem AI.

“AI adalah masa depan, AI akan datang dan bagaimana kami berupaya untuk menghadapinya adalah dengan membuat infrastruktur hardware. Hal ini mulai dari mendukung AI serta membuat program talenta,” tutur Neo dalam acara CNBC Indonesia Tech Conference 2021 yang dilaksanakan secara daring, Selasa (14/9/2021).

Huawei juga mengembangkan platform untuk dapat memudahkan pengembangan AI. Platform ini pun menyediakan dua pilihan yang menargetkan pengembang berpengalaman serta mereka yang masih pemula dalam mengembangkan AI.

Neo juga membicarakan hubungan big data dengan AI untuk upaya transformasi digital. Ia menjelaskan bahwa big data akan membantu AI untuk melihat dengan lebih inklusif berdasarkan data yang disediakan.

Layanan Huawei juga mencakup penyimpanan komputasi dan jaringan hingga keamanan. Huawei menyediakan pula layanan cloud computing, yaitu Huawei Cloud dengan platform terintegrasi dari multi-cloud bernama ROMA.

Neo menyebut bahwa produk ini merupakan produk terbaik Huawei yang terbukti secara internal, serta memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu para pelanggannya untuk mengelola penyimpanan data dengan aman.

“Huawei Cloud mendukung integrasi dari public dan private cloud, serta mendukung bisnis ekosistem perusahaan. Private cloud menawarkan solusi dengan basis teknologi sama dengan public cloud guna mengatasi data yang dilokalkan dan keamanan, sementara khusus untuk perusahaan besar dan pemerintah memiliki konsep keamanan,” jelas Neo.


Bagikan artikel ini