Percepat Transformasi Digital, Indosat Gandeng Google Cloud


Indosat Ooredoo

Logo Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo jalin kemitraan strategis dengan Google Cloud guna meningkatkan layanan transformasi digital bagi konsumen dan pengusaha di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan program pengembangan ekonomi digital yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia sehingga kerja sama ini akan melayani UMKM Indonesia sebagai prioritas dan memperluas cakupan banyak bidang.

“Kami memahami dampak signifikan pandemi terhadap UMKM di Indonesia dan kemitraan ini akan menghadirkan produk dan layanan digital baru dan luar biasa yang dibutuhkan bisnis untuk berkembang,” kata Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Naema dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/11/2021).

Ahmad menjelaskan, melalui kemitraan dengan Google Cloud ini pihaknya akan menawarkan solusi digital berbasis cloud computing atau komputasi awan yang berkapasitas 5G. Hal ini dilakukan agar model bisnis baru dapat diberdayakan dan memungkinkan pengusaha untuk memanfaatkan pasar serta membuka peluang baru yang sebelumnya dianggap mustahil.

Maka dari itu, Ahmad menyampaikan bahwa pihaknya menantikan kolaborasi jangka panjang yang penuh manfaat bersama Google Cloud sehingga digitalisasi di kalangan UMKM dapat dipercepat dan Indonesia kemudian dapat pula bertransformasi menjadi masyarakat digital.

Sementara Presiden Google Cloud Rob Enslin mengatakan bahwa kunci untuk dapat menghadirkan aplikasi generasi berikutnya dan menciptakan pengalaman baru bagi pelanggan bersama Indosat Ooredoo merupakan budaya kedua pihak dalam melakukan inovasi.

“Kami senang bermitra dengan Indosat Ooredoo untuk membantu mendigitalkan bisnis dari semua jenis perusahaan di Indonesia dan juga membantu Indosat Ooredoo menciptakan new engine untuk inovasi dan pertumbuhan jangka panjang,” tutur Rob.

Kemitraan strategis yang telah disepakati keduanya akan mendorong Indosat Ooredoo dan Google Cloud untuk melakukan transformasi UMKM Indonesia secara digital di seluruh proses bisnis mereka, kemudian transformasi perusahaan dan komunitas secara digital dengan kekuatan 5G, lalu transformasi digital pada operasional Indosat Ooredoo sendiri.

Berkaitan dengan transformasi UMKM Indonesia, Indosat Ooredoo dan Google Cloud akan menciptakan sebuah marketplace yang dipersonalisasi bagi para pelaku UMKM, dengan penawaran software-as-a-service (SaaS) yang bertujuan untuk mendigitalkan UMKM sepenuhnya sejak mereka memulai bisnis mereka serta di setiap perjalanan bisnis mereka.

Hal tersebut mencakup pembangunan kehadiran online UMKM dengan Google My Business, meningkatkan produktivitas UMKM dengan Google Workspace, memperluas dan mengotomatisasi bisnis dengan AI/ML, memberikan layanan pelanggan lebih baik dengan data analytics cerdas di cloud, dan masih banyak lagi.

Kedua perusahaan juga akan bersama-sama membangun perusahaan dan komunitas digital dengan kekuatan 5G. Keduanya akan membangun portofolio solusi 5G edge computing yang menyatukan jaringan Indosat Ooredoo, teknologi terdepan dari Google Cloud, dan edge computing untuk mendukung perusahaan mengatasi tantangan bisnis nyata di seluruh industri.

Melalui adanya komputasi dan kemampuan Google Cloud yang canggih, pelaku bisnis dapat memindahkan infrastruktur mereka dari lokasi terpusat ke edge dan menjalankan aplikasi yang lebih dekat dengan pengguna. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat membangun pengalaman yang mengubah industri di berbagai bidang.

Masih berkaitan dengan transformasi perusahaan dan komunitas dengan kekuatan 5G, Indosat Ooredoo dan Google Cloud juga akan menjajaki pengembangan managed service B2B security untuk meningkatkan ketahanan dan melindungi perusahaan dari risiko cybersecurity.

Terakhir adalah transformasi digital untuk operasional Indosat Ooredoo, di mana dalam rangka melanjutkan inovasi dan membangun organisasi yang mengutamakan cloud, Indosat Ooredoo akan memodernisasi infrastruktur dan aplikasinya di Google Cloud.

Secara khusus, Indosat Ooredoo dan Google Cloud sendiri akan menetapkan peta jalan yang jelas untuk melakukan modernisasi data analytics tingkat lanjut serta adopsi AI/ML yang tidak hanya akan meningkatkan operasi inti, biaya serta pengalaman pelanggan. Namun juga memajukan posisi Indosat Ooredoo sebagai yang terdepan dalam ekosistem telekomunikasi dan memaksimalkan peluang bisnis.


Bagikan artikel ini