Kasperksy: Serangan Online Bisnis Perusahaan Meningkat 45 Persen


Ilustrasi Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Tahun 2022 tampaknya menjadi tahun yang sibuk bagi penjahat dunia maya dalam menargetkan perusahaan di Asia Tenggara (SEA).

Data terbaru dari Kaspersky menunjukkan lonjakan 45% terkait ancaman web yang diblokir oleh solusi bisnis perusahaan keamanan siber global tahun lalu.

Ancaman berbasis web, atau ancaman online, mengacu pada upaya mengunduh objek berbahaya dari situs web berbahaya/terinfeksi. Situs web berbahaya sengaja dibuat oleh kriminal siber; situs yang terinfeksi termasuk situs dengan konten kontribusi pengguna (seperti forum), serta sumber daya sah yang disusupi.

Ancaman web dimungkinkan oleh kerentanan pengguna akhir, pengembang/operator layanan web, atau layanan web itu sendiri. Terlepas dari motif atau penyebabnya, konsekuensi dari ancaman web dapat merugikan baik individu maupun organisasi.

Selama puncak pandemi pada tahun 2020, Kaspersky mencegah sebanyak 10.200.817 serangan web yang menginfeksi bisnis di Asia Tenggara. Jumlahnya sedikit menurun pada tahun 2021 menjadi 9.180.344 dan kembali melonjak pada tahun 2022 menjadi 13.381.164.

Singapura mencatat lompatan tahunan tertinggi dalam hal ancaman web yang menargetkan bisnis tahun lalu. Negara ini mencatat lonjakan lebih dari tiga kali lipat (329%) setelah solusi bisnis Kaspersky memblokir sebanyak 889.093 serangan web, peningkatan besar dari total tahun 2021 yang hanya 207.175 insiden. Kenaikan juga terjadi di empat negara Asia Tenggara – Malaysia (197%), Thailand (63%), Indonesia (46%), dan Filipina (29%).

Hanya Vietnam yang mengalami sedikit penurunan (-12%) setelah mencatat hanya 2.485.168 insiden ancaman web tahun lalu dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 2.822.591.

“Wilayah Asia Tenggara yang besar, bagaimanapun, membutuhkan lebih banyak bantuan dalam membangun kemampuan mereka untuk melindungi bisnisnya dari serangan siber. Karena 2023 akan menjadi tahun pertama perbatasan dan pasar dibuka kembali sepenuhnya, kami mendorong perusahaan di wilayah ini untuk mengalokasikan anggaran dan sumber daya dalam memperkuat pertahanan sibernya dari peningkatan serangan yang menargetkan jaringan mereka. Sementara kesenjangan talenta keamanan TI tetap menjadi masalah, ahli outsourcing dan solusi komprehensif menawarkan efisiensi yang dapat mengisi bagian yang hilang ini,” kata Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky.

Pakar Kaspersky menyarankan perusahaan untuk membangun proses penyelidikan dan respons insiden berkelanjutan yang konsisten, memelihara dan mendukung basis kapabilitas keamanan TI Anda, dan memberikan efisiensi waktu dan sumber daya Anda secara tepat.

Untuk membantu bisnis, perusahaan keamanan siber global telah meluncurkan platform Kaspersky. Extended Detection and Response (XDR). Platform ini akan membekali para pakar internal dengan semua teknologi canggih, intelijen ancaman yang dapat ditindaklanjuti, dan keterampilan teknis yang mereka butuhkan untuk mengatasi serangan siber kompleks dan bertarget.

Ini juga akan memperkaya kumpulan pengetahuan dengan intelijen ancaman serta meningkatkan keahlian pakar dalam bisnis Anda untuk menangani insiden kompleks dan dapat meminta ahli eksternal untuk melakukan penilaian, dukungan langsung, hingga cadangan apabila terjadi serangan.


Bagikan artikel ini