Meningkatnya Transaksi Digital, Bank Gunakan Private Cloud

  • Ayu
  • 17 Sep 2020 14.51 WIB

Ilustrasi Bank

Ilustrasi Bank

Pandemi Covid-19 semakin hari semakin membuat masyarakat di Indonesia mulai mengurangi adanya pertemuan tatap muka dengan orang lain serta pembatasan sosial karena Covid-19 yang dapat ditularkan melalui sentuhan tubuh. Oleh karena itu, masyarakat mulai beradaptasi dengan aktivitas yang bersifat digital, dikarenakan kebutuhan transaksi digital terus meningkat di tengan pandemi, salah satunya adalah transaksi digital seperti mobile banking atau virtual account.

Meningkatnya transaksi digital berdampak pada kemampuan server yang perlu ditingkatkan agar kemampuan server perbankan dapat mengantisipasi adanya lagging atau bottle neck ketika puncak transaksi. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan private cloud. Tujuannya untuk mengantisipasi transaksi digital yang meningkat cukup tajam ditengah pandemi, terutama  pada sektor perbankan.

Presiden Direktur Anabatic Digital Raya, Nugraha Santosa mengungkapkan, “Pertumbuhan bisnis di era transformasi digital berkembang sangat pesat. Perusahaan pun harus bijak mengeluarkan investasi yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan saat ini”. Melihat fenomena tersebut, PT. Anabatic Digital Raya dan Huawei Indonesia berkolaborasi melalui produk Huawei High Performance Server and Storage untuk private cloud yang dapat memenuhi kebutuhan sektor perbankan dengan harga yang terjangkau.

Nugraha juga menambahkan, “Opsi pembangunan private cloud untuk memenuhi kebutuhan server perbankan bisa menjadi solusi guna mengantisipasi transaksi digital banking per detik yang meningkat cukup tajam ditengah pandemi covid-19 saat ini” pada Rabu (16/9). Private cloud juga dapat digunakan oleh bank dalam mengelola, menerapkan dan menggunakan layanan IT secara lebih fleksibel serta menganalisis informasi lebih cepat serta membuat keputusan lebih tepat.

Direktur Huawei Indonesia, Jason Zhang menjelaskan bahwa huawei sebagai penyedia Information Communication Technology (ICT) infrastruktur, perusahaan fokus pada pembangunan koneksi Indonesia yang lebih baik dan memungkinkan pengembangan ekonomi digital. Huawei berkomitmen dalam mengenalkan keandalan solusi cost-effective infrastruktur untuk meningkatkan pengalaman transaksi pelanggan, dan membangun digitalisasi yang lebih nyaman.