Menkominfo Manfaatkan Artificial Intelligence untuk Indonesia Maju


Menteri Kominfo Johnny G. Plate

Menteri Kominfo Johnny G. Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, mendorong optimalisasi pemanfaatan dan penguasaan Artificial Intelligence untuk kemajuan Indonesia.

Beberapa tahun belakangan, baik pemerintah dan sektor swasta telah mengadopsi komponen artificial intelligence seperti machine learning, image recognition dan pemrosesan bahasa alami pengenalan gambar dan pemrosesan bahasa alami untuk membuat platform digital berbasis artificial intelligence.

“Kami yakin bahwa akselerasi pelaksanaan kecerdasan artifisial dapat berkontribusi positif terhadap realisasi kemajuan dan kedaulatan Indonesia,” ujar Johnny dalam Lokakarya ASEAN secara virtual, Selasa (24/11).

Adopsi ini telah memampukan dan meningkatkan efisiensi dan akurasi di sektor-sektor vital seperti pertanian, energi bersih, dan keamanan siber.

Menkominfo mengungkapkan teknologi artificial intelligence secara luas juga digunakan untuk mempercepat proses pemulihan selama pandemi COVID-19 di mana kecerdasan artifisial digunakan untuk konsultasi pribadi dan diagnosa dini.

Kemkominfo telah mengidentifikasi beberapa isu yang mungkin muncul terkait pemanfaatan artificial intelligence termasuk masalah privasi dan etik, sentimen negatif terhadap pemanfaatan AI dan juga isu berkelanjutan.

Untuk itu, Menkominfo Johnny menuturkan kecerdasan artifisial perlu dikembangkan dengan bijaksana dan hati-hati. “Sangat penting untuk memastikan bahwa Artificial Intelligence di masa depan akan digunakan secara hati-hati dan terukur,” tambah Johnny.

Harapan itu juga sejalan dengan pandangan untuk pengembangan kecerdasan artifisial yang dapat dipercaya dimana inovasi kecerdasan artifisal harus berwawasan dapat dipercaya dan andal untuk memberikan solusi atas permasalahan sosial.

Sumber daya manusia dan pengembangan kecerdasan artifisial sangat penting untuk memfasilitasi talenta-talenta muda yang penting dalam memenuhi permintaan industri untuk penggunaan kecerdasan artifisial.

Untuk itu, salah satu langkah yang diambil Kemkominfo adalah mendukung pengembangan pusat data nasional, yang sejalan dengan tugas utama menyediakan akses yang sama terhadap infrastruktur digital bagi masyarakat Indonesia.

Kemkominfo juga mensinergikan pengelolaan kecerdasan artifisial sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat kecerdasan artifisial di berbagai tingkat. Menkominfo Johnny berharap lokakarya ASEAN akan menghasilkan penilaian strategis dan kebijakan yang diterapkan untuk implementasi kecerdasan artifisial regional.