Microsoft Akuisisi Perusahaan Berbasis AI Bidang Kesehatan untuk Pacu Industri Kesehatan Digital


Microsoft

Logo Microsoft

Microsoft telah melakukan akuisisi terhadap firma teknologi berbasis artificial intelligence (AI), Nuance Communications yang menjadikan akuisisi ini sebagai langkah terbesar yang dilakukan Microsoft dalam akuisisi pada 12 April 2021 ini.

Nuance sendiri dikenal denmgan teknologi software pengenalan suara bernama Dragon yang menggunakan model pembelajaran mendalam agar akurasi dari transkripsi ucapan akan semakin meningkat untuk pengenalan suara.

Microsoft sendiri telah berinvestasi pada industri platform cloud, dan akuisisi yang dilakukan terhadap Nuance merupakan bagian dari langkah Microsoft menuju pengembangan industri kesehatan digital. Hal ini terutama sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“AI adalah prioritas terpenting dalam bidang teknologi untuk saat ini, dan perawatan kesehatan adalah ranah penerapannya yang paling mendesak. Bersama dengan ekosistem mitra kami, kami akan memberikan solusi AI canggih ke tangan para profesional di mana saja untuk mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik,” kata CEO Microsoft Satya Nadella dalam keterangan resmi, Selasa (13/4/2021).

Selain mengambil keputusan yang baik, Satya menambahkan bahwa dengan ekosistem mitra Microsoft diharapkan akan tercipta koneksi yang lebih bermakna. Hal ini pun seiring dengan Microsoft yang mempercepat pertumbuhan Microsoft Cloud untuk perawatan kesehatan dan Nuance.

Pada akuisisi ini, Microsoft menyebut Nuance sebagai salah satu pemimpin industri dalam penggunaan AI untuk percakapan dan kecerdasan seputar bidang klinis yang berbasis cloud dalam mendukung layanan kesehatan.

Nuance juga disebut memiliki banyak penawaran terkait layanan Software-as-a-Service (SaaS) yang dirancang khusus untuk penggunaan perawatan kesehatan. Menariknya, produk SaaS dari Nuance mengandalkan layanan cloud computing dari Microsoft Azure.

Pada sebuah pernyataan, Microsoft juga menyatakan harapannya untuk memanfaatkan keahlian AI dari Nuance yang sudah cukup canggih untuk dapat melebarkan penggunaan AI di ranah kesehatan. Penggunaan lebih luas tersebut antara lain Interactive Voice Response (IVR), asisten virtual, serta solusi digital dan biometrik.

Microsoft juga berharap dapat memanfaatkan keahlian Nuance bersama dengan produk berbasis cloudnya, seperti Azure, Teams, dan Dynamics 365 untuk menciptakan solusi keamanan serta keterlibatan pelanggan yang lebih luas.


Bagikan artikel ini