PAL Integrasikan Bisnis Melalui Platform Berbasis IoT dan AI


Ilustrasi Industri 4.0

Ilustrasi Industri 4.0

PT PAL Indonesia meluncurkan Go Live Fase II Transformasi Industri Maritim 4.0 yang ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemberian gawai kepada seluruh BoD, SEVP dan insan PT PAL pada saat upacara Hari Pahlawan.

CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod di Surabaya, Kamis. mengatakan, transformasi industri maritim 4.0 yang diberi nama IM4 ini, sebelumnya telah dilakukan proses development sistem secara mandiri, dan didukung dengan perubahan pada struktur organisasi perusahaan.

"Dengan IM4, PAL akan mengintegrasikan proses bisnis dari hulu ke hilir dalam satu platform berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence, dan peluncuran industri maritim 4.0 fase ke II memiliki semangat perjuangan yang sama dengan para pahlawan bangsa," kata Kaharuddin, dalam siaran persnya melansir dari antaranews.com, Jumat (11/11).

Ia menjelaskan, IM4 telah dijalankan hampir satu setengah tahun, dan semata-mata untuk membawa bangsa Indonesia melalui PT PAL menuju kesetaraan dengan bangsa maju lainnya.

Ia mengatakan, dibutuhkan beberapa waktu untuk melakukan transisi dari sistem semi digital ke digital (IM4). Dan, rencananya pada tahun 2023 akan diluncurkan fase final, seluruh sistem telah terintegrasi dan siap diimplementasikan secara utuh

"Implementasi IM4 diharapkan dapat mengubah budaya kerja, menciptakan sistem yang adil, memberikan kesejahteraan bagi para karyawan. Sekaligus mampu membuat perubahan pada mindset insan PT PAL untuk berubah menjadi bagian dari galangan kapal kelas dunia. Karena kini PT PAL tidak lagi menjadi galangan kapal yang dipandang sebelah mata. Kini PAL telah dianggap sebagai mitra strategis bahkan menjadi the real competitor bagi industri pertahanan global," katanya.

Manifestasi IM4, kata dia, merupakan jawaban atas kebutuhan pasar dan sebagai respon atas disrupsi perkembangan teknologi saat ini, dan transformasi ini merupakan lompatan kuantum dalam menjadi leading sektor guna mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri.

"Untuk bisa memberikan yang terbaik bagi negeri ini, sebagai mana para pahlawan memberikan yang terbaik dari diri mereka. Maka sekarang adalah waktu kita untuk memberikan yang terbaik agar Indonesia menjadi negeri maritim yang berdaulat di dunia," katanya.

Sementara dalam upacara peringatan Hari Pahlawan itu juga dilakukan pelantikan sejumlah pejabat penting, yang bertujuan untuk mengoptimalisasi implementasi IM4, agar proses transisi IM4 berlangsung cepat dan dapat segera dirasakan manfaatnya bagi kelangsungan bisnis perusahaan, sehingga tercapainya visi PAL sebagai perusahaan perkapalan kelas dunia.


Bagikan artikel ini