PDAM Pemalang Meluncurkan Water Monitoring Centre Berbasis IoT


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang mencatat sejarah dengan meluncurkan Water Monitoring Centre, sebuah pusat pemantauan aliran air berbasis Internet of Things (IoT) pertama di Jawa Tengah. Resmi diresmikan oleh Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, dan didampingi oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia, Slamet Efendi, inovasi ini menandai langkah maju dalam pelayanan air berbasis digital, pada Jumat 5 Januari 2024.

Monitoring centre ini memungkinkan pemantauan aliran air dari sumber mata air hingga ke pelanggan melalui aplikasi berbasis IoT. Bupati Mansur Hidayat menyatakan apresiasi terhadap Tim IT PDAM Kabupaten Pemalang atas inovasi ini, menekankan kekomplitan informasi yang dapat diperoleh dari sistem digital tersebut.

“Disini lengkap, kita bisa lihat pendapatan, kondisi airnya, kerusakan yang terjadi, dan lain sebagainya bisa termonitor. Dan ini inovasi pertama di Jawa Tengah,” ujar Mansur Hidayat.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia, Slamet Efendi, menjelaskan bahwa Water Monitoring Centre berfungsi sebagai pusat integrasi data untuk memudahkan pelayanan pelanggan. Data yang terkumpul menjadi dasar pertimbangan perusahaan dalam koordinasi, pengambilan keputusan, dan pengendalian seluruh kegiatan bisnis.

“Jadi water monitoring centre ini menjadi sarana kita (perusahaan) untuk memantau aliran air dan kebutuhan air serta pelayanan ke pelanggan.” jelas Slamet Efendi.

Dengan teknologi IoT yang dikembangkan secara mandiri oleh Tim IT PDAM, sensor tekanan air, level air, dan debit air mengirimkan data secara real-time melalui koneksi internet ke server perusahaan. Manajer IT Perumda Air Minum Tirta Mulia, Budi Harsudiono, menjelaskan bahwa teknologi ini memungkinkan deteksi dini gangguan seperti penurunan level air atau kebocoran pipa.

“Sensor tersebut meliputi sensor tekanan air, level air, dan debit air. Jadi data dari sensor itu akan otomatis terkirim secara real time melalui jaringan internet ke server kita (Perumda Tirta Mulia Pemalang)” jelas Budi Harsudiono.

Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang menjadi pelopor dalam menerapkan sistem pintar berbasis IoT untuk memantau aliran air, meningkatkan efisiensi, dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Langkah ini tidak hanya mencerminkan kemajuan teknologi di sektor publik tetapi juga memperkuat posisi Jawa Tengah dalam pemanfaatan inovasi digital untuk meningkatkan kualitas layanan masyarakat.


Bagikan artikel ini