Perkuat Perusahaan Telekomunikasi Terdepan, Telkom Gandeng Huawei


Gedung Telkom Indonesia

Logo Telkom Indonesia

Huawei dan Telkomsel mengadakan pertemuan tingkat tinggi tentang cloud computing untuk memperdalam kerja sama serta memperkuat komitmen besama guna meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia.

Tujuan digelarnya kerja sama ini untuk memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, serta mendukung visi Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital terkemuka di dunia.

Telkomsel dan Huawei juga menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan SDM yang selaras dengan komitmen Huawei untuk mewujudkan keberhasilan transformasi digital di Indonesia, salah satunya adalah melalui pengembangan SDM digital. 

Huawei Indonesia telah menargetkan dalam lima tahun berhasil mengembangkan kapasitas 100 ribu SDM di bidang teknologi digital, seperti cloud, kecerdasan buatan, big data analytics, keamanan siber, dan konektivitas generasi berikutnya, Tujuannya untuk mendukung terwujudnya visi Indonesia 4.0 yaitu menjadikan Indonesia sebagai 10 besar kekuatan ekonomi dunia pada 2030 dan lima besar kekuatan ekonomi dunia pada 2045.

Guo Ping, Rotating Chairman Huawei Technologies berharap, melalui sinergi ini dapat bekerja sama dalam mendorong posisi Telkomsel ke jenjang yang lebih tingggi lagi di masa mendatang.

Mengusung tema 'Win Together in New Normal Era', pertemuan tingkat tinggi ini menghasilkan beberapa kesepakatan seperti kesepakatan Telkomsel dan Huawei untuk berkolaborasi dalam membangun bisnis dan pengembangan jaringan untuk mendorogn tingkat penerimaan terhadap Orbit, mengeksplorasi, peluang monetisasi dan use cases, dan saran untuk mendukung kepemimpinan dalam teknologi.

“Pertemuan ini memberikan kesempatan bagi kami untuk berdiskusi lebih dalam guna menemukan cara terdepan untuk memperkuat transformasi digital baik di internal Telkomsel maupun di Indonesia secara menyeluruh melalui upaya-upaya kolaboratif perusahaan. Sudah menjadi visi Telkomsel untuk terus menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, sebagai bentuk dukungan terhadap visi pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," ujar Setyanto Hantoro, Presiden Direktur Telkomsel.

"Demi mewujudkan visi tersebut, Telkomsel berkomitmen untuk memperkuat tiga pilar digital utama perusahaan, yaitu Konektivitas Digital, Platform Digital, dan Layanan Digital. Telkomsel pun berharap dapat terus menjalin kemitraan strategis bersama Huawei dalam mendorong percepatan digitalisasi bangsa dan negara, sehingga visi Telkomsel dan Indonesia dapat terwujud,” tambahnya.

Chief of Planning and transformation Officer of Telkomsel, Wong Soon Nam menjelaskan bahwa terdapat beberapa area strategis di mana Telkomsel dapat berkolaborasi secara lebih mendalam dengan Huawei, seperti eksplorasi di mana Telkomsel dapat berkolaborasi secara lebih mendalam dengan Huawei, seperti eksplorasi solusi dalam memaksimalkan laba atas investasi untuk teknologi LTE dan 5G, kolaborasi bersama untuk mengembangkan layanan FWA di Indonesia.

"Telkomsel terus meningkatkan kinerja sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia dengan memperkuat kerja sama dengan berbagai mitra strategis, salah satunya Huawei," Director of Network Telkomsel Nugroho.


Bagikan artikel ini