Alibaba Cloud: Perusahaan Gunakan Cloud untuk AI dan Blockchain


Alibaba Cloud

Alibaba Cloud

Alibaba Cloud kembali menegaskan komitmennya untuk mendukung transformasi digital di berbagai sektor di Tanah Air, terutama untuk mendukung digitalisasi para pelanggannya pada tahun 2023.

Country Manager Alibaba Cloud Intelligence Indonesia Leon Chen pun menegaskan komitmen ini untuk semua sektor bisnis di Indonesia. Pihaknya telah melayani pasar Indonesia sejak 2016, dan selama enam tahun di Indonesia telah berkomitmen untuk menginvestasikan lebih banyak sumber daya untuk mengembangkan ekosistem digital mitra Alibaba Cloud.

Alibaba Cloud juga mengembangkan ekosistem mitra lokal melalui kerja sama dengan para mitra teknologi yang berpengalaman. Hal ini dilakukan untuk memperluas wilayah dan memperkaya ketersediaan solusi guna mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia.

Perusahaan pun tidak hanya menekankan inisiatif untuk mengembangkan ekosistem, tetapi juga mendukung sumber daya manusia (SDM) di bidang digital melalui pengadaan pelatihan yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan. Pelatihan yang dihadirkan pun berupa pelatihan cloud computing dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Alibaba Cloud juga memberikan dukungan lain bagi digitalisasi di Indonesia berupa produk dan layanan teknologi, seperti analitik digital, rekomendasi cerdas, hingga manajemen aplikasi layanan mikro dan solusi keamanan yang ditingkatkan, serta blockchain.

Head of Solution Architect Alibaba Cloud Intelligence Indonesia Eggy Tanuwijaya pun menyoroti tantangan yang dihadapi oleh perusahaan, seperti cyber security atau keamanan siber, digital intelligence, intelligence integrity, hingga interoperability.

Eggy pun menjelaskan bahwa sampai dengan 2022, Alibaba Cloud fokus pada transformasi infrastruktur ke cloud. Namun pada tahun 2023, menurutnya perusahaan di Indonesia sudah siap memanfaatkan cloud untuk AI dan blockchain.

“Kami telah melihat peningkatan adopsi fitur cloud utama seperti solusi perbankan seluler, keamanan yang ditingkatkan, dan solusi rekomendasi AI di antara perusahaan yang ingin mempercepat perjalanan digital mereka. Itulah alasan kami untuk memperkenalkan solusi terkemuka ini kepada pelanggan kami, selain dari produk infrastruktur cloud kami yang tangguh dan aman,” jelas Leon Chen dalam keterangan resminya, melansir dari Infokomputer.id, Jumat (23/12/2022).

Maka secara khusus Alibaba Cloud akan menjalin kerja sama dengan mitra untuk dapat mendukung tuntutan transformasi digital mereka yang terus meningkat. Kolaborasi ini akan dilakukan melalui dukungan solusi canggih seperti blockchain, analitik digital, hingga keamanan siber.

Leon pun menyebutkan adanya peningkatan berbagai format adopsi cloud computing di antara klien Alibaba Cloud, misalnya beberapa perusahaan yang mulai mengadopsi teknologi hybrid cloud.

“Itulah sebabnya kami bekerja sama dengan Telkomsigma melalui Apsara Stack kami untuk memperluas layanan cloud-nya, guna menyediakan lingkungan hybrid dan multi-cloud,” tutur Leon.

Leon Chen juga mengatakan bahwa pihaknya pada tahun 2023 juga akan fokus pada peningkatan SDM untuk memperkenalkan produk unggulan, mendukung lebih banyak sumber daya cloud di kota-kota Indonesia, mendukung lebih banyak startup dan developer, serta berinvestasi dalam pengembangan bakat dan program kemitraan lokal di Indonesia.


Bagikan artikel ini