Telkom dan Google Cloud Dukung Pengembangan Transformasi Digital


Telkom Indonesia

Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia Tbk jalin kolaborasi berkepanjangan dengan Google Cloud dalam G20 Summit. Kolaborasi strategis ini dijalin untuk merealisasikan visi Telkom Indonesia untuk menjadi leading digital telco yang mendukung bisnis dan komunitas lokal di Indonesia.

Melalui gabungan kompetensi utama dengan Google Cloud, yang ditunjukkan dalam kapabilitas di Android, Google Ads, serta Grow with Google, Telkom memiliki target untuk memegang peran penting dalam mendukung peta jalan Indonesia Digital 2024 serta membantu organisasi untuk mencapai perkembangan inklusif dalam ekonomi digital dengan nilai yang diprediksi dapat mencapai USD 130 miliar pada 2025 mendatang.

“Kami di Telkom Indonesia memiliki tanggung jawab untuk membang8un infrastruktur pintar dan berkelanjutan yang dapat diakses oleh semua kalangan serta berkontribusi dalam pembangunan negara, juga memfasilitasi digitalisasi lintas industri,” kata Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhammad Fajrin Rasyid dalam keterangan resminya, melansir dari ETCIO Southeast Asia, Selasa (15/11/2022).

Fajrin mengungkapkan bahwa kolaborasi ini dilakukan dengan partner strategis untuk dapat memenuhi amanat nasional. Google Cloud sendiri dipilih karena banyaknya pengalaman dalam membangun platform terpercaya, serta ekosistem global.

Kolaborasi bersama Google Cloud pun disebut Fajrin akan mendorong potensi kedua pihak untuk dapat mengembangkan kapabilitas dalam membangun ekosistem digital, dengan talenta yang tepat serta solusi bagi masyarakat. Selain itu, juga untuk membuat Indonesia sebagai salah satu negara dengan ekonomi yang kompetitif.

Kolaborasi ini akan melaksanakan empat langkah strategis, yaitu akselerasi transformasi digital lintas industri, menjembatani gap dalam talenta digital nasional, mendukung startup di Indonesia untuk membangun skalabilitas hingga tingkat global, serta menghadirkan infrastruktur pintar dan layanan digital yang berkualitas tinggi.

Pada akselerasi untuk transformasi digital lintas industri, Google Cloud bersama anak perusahaan Telkom Indonesia, Telkomsigma akan mengakselerasi digitalisasi di sektor yang menjadi prioritas tinggi untuk peta jalan Indonesia Digital 2024. Telkomsigma akan berperan dalam implementasi modernisasi infrastruktur, data analytics hingga solusi produktivitas.

Telkom Indonesia bersama Google Cloud juga akan menjembatani gap talenta digital nasional dengan menghadirkan Cloud Center of Excellence (CCoE), yang terdiri atas arsitektur cloud, edge computing, manajemen data, hingga spesialis modernisasi aplikasi.

Kolaborasi keduanya akan memfasilitasi peningkatan kemampuan internal serta program sertifikasi dengan kurikulum dari Google, mendukung peningkatan kemampuan digital di Indonesia. Program ini akan mendukung talenta digital untuk memiliki kemampuan siap kerja, dengan pelatihan di bidang machine learning (ML), cloud computing, dan masih banyak lagi.

Kolaborasi Telkom Indonesia dan Google Cloud juga mendukung startup di Indonesia untuk membangun skalabilitas di tingkat global, di mana Telkom melalui anak perusahaannya akan berkolaborasi dengan Google for Startups Cloud Program. Hal ini mendukung startup untuk dapat memperoleh dukungan finansial, teknis, hingga bisnis untuk berkembang pesat.

CCoE sendiri akan terintegrasi dengan infrastruktur karbon netral cloud dengan skalabilitas terbaik, advanced analytics, serta artificial intelligence (AI) dari Google Cloud dengan jaringan Telkom Indonesia untuk meningkatkan layanan digital terbaik bagi masyarakat.

“Merupakan hal yang sangat penting bagi kami untuk berinvestasi dalam kapabilitas digital untuk memperkuat tujuan kita pulih bersama dan pulih lebih kuat dari pengaruh pandemi global, serta menciptakan pondasi pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkap Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie.

Megawaty pun menuturkan bahwa pihaknya bersama Telkom Indonesia memiliki tujuan bersama untuk mengembangkan talenta digital berpengalaman yang ahli memanfaatkan cloud serta teknologi konektivitas untuk dapat menciptakan solusi terbaik. Kemampuan in disebut dapat menjadi pendorong untuk transformasi di berbagai industri.

Google Cloud disebut berniat untuk melakukan eksplorasi lebih jauh mengenai potensi memanfaatkan infrastruktur dari Telkom Indonesia, dan Telkom Indonesia juga akan terus mengeksplorasi inisiatif inovasi bersama Google Cloud guna meningkatkan pengalaman bagi pelanggan.


Bagikan artikel ini