Telkom dan Indosat Kolaborasi untuk Perkuat Infrastruktur Digital


Transformasi Digital

Ilustrasi Transformasi Digital

Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat infrastruktur digital Indonesia melalui ekosistem Internet Exchange (IX). Nota Kesepahaman (MoU) antara Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) dan BDx Indonesia, joint venture antara BDx Data Centers (BDx), Indosat, dan Lintasarta, ditandatangani di Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024 di Honolulu, Hawaii, AS, pada Minggu (21/1), dilansir dari laman resmi Telkom.

Kolaborasi ini bertujuan memajukan transformasi digital di Indonesia dengan meningkatkan kapabilitas infrastruktur digital. CEO NeutraDC, Andreuw Th A F, menyebut kolaborasi ini sebagai langkah berani yang dapat membuka peluang tanpa batas bagi ekonomi digital Indonesia. “NeutraDC sangat senang dapat menjalin kolaborasi yang kuat bersama BDx Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur digital Indonesia. Sebagai penyedia terdepan dalam neutral ecosystem terbesar yang mencakup AI, CDN, konektivitas, dan layanan cloud, NeutraDC telah siap terhadap katalisasi demokratisasi akses internet di seluruh Indonesia dengan populasi yang besar. Langkah berani ini bisa membuka peluang tanpa batas bagi ekonomi digital Indonesia, yang membawa perubahan dalam lanskap digital regional,” kata Andreuw.

BDx Indonesia, kini menjadi penyedia pusat data carrier-neutral terbesar di Indonesia, menggambarkan kemitraan ini sebagai langkah besar menuju penciptaan Infrastruktur Digital Mesh yang paling terhubung untuk Indonesia. CEO BDx, Mayank Srivastava, mengatakan "dengan perluasan portofolio, BDx Indonesia kini menjadi penyedia pusat data carrier-neutral terbesar di Indonesia. Kolaborasi ini merupakan langkah besar menuju penciptaan Infrastruktur Digital Mesh yang paling terhubung untuk Indonesia, sebuah visi yang didukung oleh BDx Indonesia dan Neutra DC.” 

Melalui kemitraan strategis ini, Telkom dan Indosat sepakat untuk memberdayakan bisnis pusat data masing-masing. NeutraDC, entitas pusat data Telkom Indonesia, dan BDx Indonesia, mitra bisnis pusat data Indosat, akan meningkatkan kapabilitas dan kapasitas kolokasi. Permintaan yang terus meningkat terhadap pusat data di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, menjadi dasar bagi kolaborasi ini.

Dalam fokus kerja sama ini, lokasi carrier-neutral yang memenuhi standar tier 3 tersebar di kota-kota utama di Indonesia. NeutraDC dan BDx Indonesia akan mengelola beberapa IX independen, menciptakan interkoneksi ekosistem IX yang tangguh, dan meningkatkan ketahanan infrastruktur internet.

Telkom, melalui NeutraDC, telah memainkan peran kunci dalam mendukung transformasi digital dengan pusat data hyperscale di Cikarang dan Batam. Sementara BDx Indonesia, dengan fasilitas di pulau besar, mengoperasikan portofolio pusat data enterprise dan hyperscale di Jakarta dan Jawa Barat.

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah, menegaskan bahwa kehadiran kuat Telkom di Asia Pasifik akan meningkatkan kualitas layanan internet secara signifikan. Dengan memanfaatkan keahlian NeutraDC dan BDx Indonesia, mereka berharap dapat menciptakan solusi akses informasi inovatif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di regional.

“Melalui kolaborasi strategis dan memanfaatkan seluruh layanan yang dimiliki, membuat kami memiliki tolak-ukur kualitas layanan. Melalui keahlian NeutraDC dan BDx Indonesia, kami yakin dapat menciptakan solusi akses informasi yang inovatif dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinamis dalam menghadapi ekonomi digital regional,” kata Ririek Adriansyah.

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyatakan bahwa kemitraan ini akan memperkuat infrastruktur jaringan internet Indonesia, mempercepat pemerataan digitalisasi, dan membantu membuka potensi ekonomi digital Indonesia. Dengan kerja sama ini, Telkom dan Indosat juga memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain pusat data tingkat global dan data center hub Asia Tenggara.


Bagikan artikel ini