Tingkatkan Layanan, ICS Compute Bersama AWS Adopsi Cloud


Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

ICS Compute, anggota Amazon Web Services (AWS) Partner Network (APN) yang juga merupakan mitra AWS Advanced Partner dan Solution Delivery Partner, pada Kamis (24/02) mengumumkan penandatanganan Perjanjian Kolaborasi (Strategis Strategic Collaboration Agreement/SCA) dengan penyedia layanan cloud global, AWS. 

Dalam acara yang diselenggarakan secara virtual, perjanjian kolaborasi strategis yang ditandatangani oleh ICS Compute dan AWS tersebut mencakup peningkatan keterampilan sumber daya manusia dan pengembangan fitur lanjutan di AWS.

Disebutkan juga melalui perjanjian ini, ICS Compute akan meningkatkan penggunaan layanan AWS tingkat lanjut, seperti analitik data, machine learning, Kecerdasan Artifisial (AI), dan serverless, untuk mendorong inovasi digital di Indonesia.

ICS Compute membantu pelanggannya, antara lain Kawan Lama Group, Tempo Media dan Arista Group,  untuk melakukan transformasi dan menginovasikan kembali bisnis mereka melalui penerapan, modernisasi, dan pengoptimalan solusi cloud, dan dengan demikian mendukung transformasi dan inovasi digital, termasuk dalam manajemen keuangan cloud (FinOps).

Melansir dari Republika.co.id, ICS Compute juga berencana untuk mengembangkan praktik konsultasi FinOps bersama dengan AWS, termasuk mempersiapkan tim lintas departemen, multidisiplin di bidang keuangan, konsultasi dan teknik.

Selain itu, Perjanjian Kolaborasi Strategis ini juga mencakup pelatihan untuk peningkatan kapasitas tim sales, serta untuk peningkatan kapabilitas teknis dan pelaksanaan bisnis migrasi cloud yang dijalankan ICS.

FinOps sendiri diprediksi akan memainkan peranan yang lebih penting seiring dengan kian matangnya transformasi cloud di Indonesia. Sebagai bidang ilmu dan praktik budaya yang terus berkembang, FinOps membantu memaksimalkan nilai bisnis organisasi dengan mendukung tim teknik, keuangan, teknologi, dan bisnis dalam kolaborasi untuk mengambil keputusan belanja berdasarkan data.

Untuk mendorong adopsi cloud lebih jauh, Indonesia akan membutuhkan bimbingan dan dukungan dari mitra TI tepercaya untuk mewujudkan penggunaan cloud secara komprehensif di seluruh operasi mereka.

Sebagai organisasi TI, ICS Compute akan mengembangkan prakarsa baru yang inovatif bersama dengan AWS untuk mempercepat transformasi digital bagi bisnis lokal.

CEO ICS Compute, Budhi Wibawa mengatakan Region AWS Asia Pasifik (Jakarta) memberdayakan pelaku bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan skalabilitas dan efektivitas biaya yang dihadirkan oleh cloud.

Budhi sendiri menyambut dengan gembira peningkatan kemitraan dengan AWS melalui Perjanjian Kolaborasi Strategis ini, untuk membantu pelanggan mendapatkan nilai lebih dari cloud serta untuk mengembangkan generasi baru praktisi cloud yang terampil.

"Kami berharap Perjanjian Kolaborasi Strategis ini akan membantu ICS Compute menjalankan visinya lebih jauh untuk Reinvent and Go Beyond. Kami berharap dapat tumbuh bersama generasi muda bangsa dan terus mengembangkan solusi yang tepat untuk bisnis Indonesia di semua level,” ujar Budhi.

Sejalan dengan itu, Country Manager, Indonesia, AWS, Gunawan Susanto mengungkapkan mitra AWS memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong perluasan penggunaan cloud lokal, termasuk di Indonesia.

ICS Compute kerap mengelola seluruh infrastruktur TI milik pelanggan, dan dengan cepat menjadi penasihat terpercaya bagi para pelanggannya.

"Perjanjian kolaborasi strategis dengan ICS Compute ini akan memperkuat dan memperdalam komitmen bersama kami untuk mengembangkan talenta digital dan untuk membangun solusi cloud yang kuat dan inovatif untuk pelanggan bersama kami di Indonesia,” pungkas Gunawan.


Bagikan artikel ini