WIR Group Kembangkan Metaverse, Wisata Kuliner Indonesia Bakal Tersedia Secara Virtual


Realitas Virtual Metaverse

Realitas Virtual Metaverse

Yayasan Museum Boga Indonesia bersama dengan WIR Group tengah mengembangkan museum kekayaan kuliner khas Indonesia pertama di dunia metaverse, yang bernama Museum Boga Indonesia. Museum kuliner di dalam metaverse ini kemudian akan memungkinkan jelajah kuliner secara virtual tanpa harus datang secara fisik.

CEO & Co-Founder WIR Group Michael Budi menyampaikan, bahwa nantinya Museum Boga Indonesia akan dibentuk dalam ruang 3D virtual yang akan menjadi bagian dari dunia Metaverse Indonesia.

Museum virtual ini juga akan menyajikan berbagai informasi seputar makanan khas Indonesia yang dikemas dalam tampilan tiga dimensi yang atraktif serta interaktif. Masyarakat pun dapat mengunjungi Museum Boga Indonesia tanpa harus datang secara fisik, tidak terhalang oleh waktu dan tempat.

“Dari Sabang sampai Merauke, mereka bisa menikmati pengalaman ini sekaligus belajar tentang budaya kuliner Indonesia. Digitalisasi ini juga diharapkan akan menambah daya tarik kepada generasi muda untuk mempelajari dan melestarikan kuliner khas Nusantara,” kata Michael dalam keterangan pers, melansir dari Investor.id, Jumat (4/3/2022).

Sementara Ketua Yayasan Museum Boga Indonesia Santhi Serad menambahkan, bahwa museum kuliner pertama di Asia Tenggara ini juga akan berfungsi sebagai tempat pengarsipan kekayaan kuliner Indonesia, mulai dari resep, teknik memasak, bahan baku, hingga rempah.

“Dengan tujuan sebagai alat preservasi dan juga edukasi bagi masyarakat, Museum Boga Indonesia akan dihadirkan dengan pendekatan kontemporer. Visi kami adalah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia,” tutur Santhi.

Kerja sama antara Yayasan Museum Boga Indonesia dengan WIR Group sendiri ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan pada Selasa, 1 Maret 2022 lalu. Rencananya, Museum Boga Indonesia di metaverse dapat diakses melalui Metaverse Indonesia yang segera diluncurkan sebagai bagian dari presidensi Indonesia dalam G20.

Metaverse sendiri merupakan bagian dari realitas virtual di internet yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata. Metaverse pun didukung dengan teknologi seperti artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR) untuk memungkinkan orang-orang berkumpul dan berkomunikasi dalam dunia virtual.


Bagikan artikel ini