XL Axiata Bersama CISCO akan Perluas Pemanfaatan Teknologi CUTO yang Berbasis AI dan ML


CISCO

CISCO

PT XL Axiata Tbk bersama dengan CISCO berkolaborasi untuk menerapkan teknologi baru pada jaringan XL Axiata. Kerja sama ini dilakukan untuk memanfaatkan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) bernama CISCO Ultra Traffic Optimization (CUTO). Teknologi ini akan diterapkan pada jaringan 4G XL Axiata.

XL Axiata dan CISCO sendiri telah melakukan serangkaian uji coba CUTO pada pertengahan 2021 lalu, dan terbukti berhasil meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan radio. Teknologi CUTO kemudian mulai diimplementasikan pada akhir 2021 di sejumlah area yang memiliki kepadatan trafik tinggi. XL Axiata pun berencana untuk memperluas adopsi teknologi ini pada 2022.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa pihaknya senang dapat melakukan kerja sama dengan CISCO untuk penerapan CUTO. Penerapan teknologi ini sendiri adalah yang pertama di Indonesia.

“CUTO membantu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan sehingga infrastruktur jaringan seluler kami menjadi lebih baik, dan dengan CUTO XL Axiata dapat memberikan layanan data berkualitas tinggi kepada pelanggan di mana pun mereka berada,” kata Gede dalam keterangan resminya, Selasa (18/1/2022).

Gde menambahkan bahwa teknologi CUTO ini merupakan salah satu solusi yang tepat untuk diimplementasikan pada jaringan XL Axiata. Pemanfaatan CUTO disebut dapat terus mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan dengan memberikan throughput dan pengalaman mobile broadband yang lebih baik bagi pelanggan XL Axiata.

Hal ini dibuktikan dengan laporan pengukuran jaringan terbaru, di mana throughput dari pengguna XL Axiata mengalami peningkatan hingga sekitar 17 persen. Persentase tersebut merupakan hasil dari penerapan teknologi CUTO.

“Kami melihat, hal tersebut mereka lakukan demi menjaga jaringan dan layanan data berkualitas tinggi agar dapat terus dinikmati oleh pelanggan setia,” tutur President Service Provider CISCO Asia Pacific & Japan, Sanjay Kaul.

Menurut Sanjay, pihaknya berharap dapat melakukan kolaborasi dengan XL Axiata untuk menerapkan teknologi serta solusi inovatif yang kemudian dapat menangkap kemungkinan peluang pertumbuhan yang menarik di pasar data yang tengah berkembang pesat di Indonesia. 

Selain itu, juga memberikan kontribusi bagi ekosistem yang dinamis untuk menghubungkan jutaan masyarakat di Indonesia secara mulus melalui layanan internet dan seluler yang berkualitas. Hal ini pun diharapkan dapat dicapai dengan pemanfaatan CUTO.

CUTO sendiri bekerja dengan fitur optimasi yang dihadirkan oleh CISCO untuk meningkatkan efisiensi dari kapasitas jaringan. Algoritma AI dan ML digunakan pada CUTO untuk mendeteksi kepadatan jaringan serta mengoptimalkan trafik data, sehingga penggunaan kapasitas jaringan kemudian dapat dilakukan secara lebih efisien tanpa menurunkan pengalaman pelanggan.

Melalui sejumlah fitur canggih yang dimiliki oleh CUTO, kapasitas jaringan kemudian dapat diperbesar tanpa perlu melakukan upgrade jaringan. Hal ini sebagaimana halnya solusi konvensional yang dilakukan untuk memperbesar kapasitas jaringan.


Bagikan artikel ini