Lab IoT XL Axiata Hadirkan Solusi Xinergis


Xl Axiata

Logo Xl Axiata

PT XL Axiata Tbl melalui Lab internet of things (IoT) mereka kembali menghasilkan solusi digital berbasis IoT untuk kalangan industri. Solusi IoT bernama Xinergis ini berfungsi untuk mempercepat proses efisiensi energi.

Xinergis yang diluncurkan melalui XL Axiata Business Solutions pun diklaim siap untuk dapat dimanfaatkan oleh pengelola gedung perkantoran hingga pabrik yang memerlukan solusi efisiensi energi dan manajemen data. Pengembangan Xinergis juga sejalan dengan program pengembangan berkelanjutan yang dilakukan oleh XL Axiata.

“Pada mulanya, solusi ini kami gunakan sendiri untuk memonitor pemakaian energi di lokasi shelter pemancar jaringan seluler atau base transceiver station (BTS). Solusi ini kemudian dikembangkan pemanfaatannya untuk memantau besaran konsumsi energi listrik, penggunaan air, serta konsumsi pemakaian bahan bakar untuk genset di gedung-gedung atau fasilitas bangunan milik XL Axiata,” jelas Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto dalam keterangan resminya, melansir dari IndoTelko.com, Kamis (17/11/2022).

Feby kemudian menambahkan, solusi berbasis IoT ini ditujukan bagi para pengelola fasilitas gedung perkantoran, pabrik, maupun kawasan industri yang ingin memiliki informasi informasi real time serta data terkait penggunaan energi listrik, pemakaian air, maupun bahan bakar genset.

Selain itu, solusi IoT ini juga dapat memberikan peringatan jika terjadi anomali dalam pengelolaan gedung. Data-data yang dikumpulkan juga dapat menjadi referensi terkait tren pemanfaatan energi dan estimasi biaya operasional yang diperlukan.

Xinergis sebagai solusi IoT inovatif dari XL Axiata memiliki berbagai jenis sensor untuk dapat menghasilkan data yang dibutuhkan seperti pemakaian listrik, tegangan listrik, hingga debit air. Sensor juga diterapkan untuk dapat mengukur penggunaan bahan bakar genset berupa flow meter serta ketinggian bahan bakar di dalam tangki.

Seluruh data yang dihasilkan kemudian akan dikirim ke platform cloud untuk dapat dikelola menjadi informasi yang akan ditampilkan melalui dashboard berbentuk website dan aplikasi mobile. Perusahaan kemudian dapat memantau penggunaan energi dan mendeteksi jika ada anomali dengan bantuan data tersebut.

Solusi IoT Xinergis hingga saat ini telah diterapkan di sejumlah kantor regional milik XL Axiata yang ada di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Solusi ini secara bertahap akan terus diterapkan di seluruh kantor regional yang ada di Indonesia.


Bagikan artikel ini