XL Axiata Berhasil Tingkatkan Produksi Unggas dengan IoT


Gedung Xl Axiata

Ilustrasi Gedung Xl Axiata

PT XL Axiata Tbk berhasil meningkatkan produksi unggas milik PT. Sierad Produce Tbk dengan menggunakan solusi XL Smart Poultry yang berbasis Internet of Things (IoT) selama setahun terakhir.

Kerja sama tersebut telah terlaksana sejak satu tahun yang lalu dimana kerja sama tersebut membuahkan hasil peningkatan efektivitas dan efisiensi. Terbukti dari hasil evaluasi bersama terjadi peningkatan Index Performa (IP) yang diatas standar rata-rata Nasional didaerah Jawa Barat dan Banten. IP yang diatas rata-rata nasional ini yang merupakan pencapaian yang membuktikan bahwa digitalisasi dapat meningkatkan kualitas panen serta performa produksi yang dapat memberikan keuntungan pada peternak.

Feby Sallyanto, Chief Enteprise & SME Officer XL Axiata mengatakan bahwa Index Performa (IP) ini menjadi tolak ukur keberhasilan suatu usaha peternakan unggas seperti berat unggas saat panen, umur panen, jumlah unggas yang hidup saat panen, serta Feed Conersion Ratio (FCR). XL Smart Poultry dapat memberikan notifikasi dan alert kepada peternak sehingga peternak dapat cepat merespon jika ada sesuatu terjadi dalam kandang.

“Teknologi XL Smart Poultry tidak hanya berperan untuk mendigitalisasi kandang, namun juga dapat membantu sebagai personal assistant bagi para peternak seperti fitur notifikasi dan alert, dan juga integrasi ke ekosistem industri unggas yang lebih luas, ” ujar Feby.

XL Smart Puoultry juga mempunyai beberapa keuntungan bagi peternak terutama dalam digitalisasi kandang, yaitu peternak dapat memonitor kondisi lingkungan kandang secara real time, misalnya kadar amonia, kadar CO2, suhu, kelembapan udara, tingkat pencahayaan dan kecepatan angin. Peternak juga dapat memonitor pakan dan minum yang dikonsumsi unggas dengan indikator harian Average Body Weight (ABW) sehingga perkembangan harian unggas tetap dapat dipantau.

Selain itu, suhu dan kelembaban lingkungan dapat pula dilakukan secara otomatis sehingga suhu harian dalam kandang dapat mencapai target. Manfaat selanjutnya yaitu peternak dapat menganalisa performansi dari beberapa indikator seperti Feed Conversion Ratio (FCR), Index Performa (IP), Feed Effieciency (FE) dan Mortality atau Depletion Rate melalui aplikasi mobile ataupun website serta peternak dapat melakukan proses kalibrasi melalui dashboard.

Dalam setahun terakhir, Sierad produce beserta XL Axiata terus melakukan pengembangan pada solusi XL Smart Poultry dengan melakukan berbagai inovasi yang diimplementasikan sehingga pada kuartal ketiga 2019, dilakukan pengembangan seperti melindungi masuknya air pada sensor saat proses pembersihan kandang, penyesuaian algoritma dan formula untuk mengikuti standar poultry industri dan penambahan analitik yang berguna untuk menganalisa pakan melalui load cell pada feed hopper.

“Kerjasama dengan Sierad Produce tahun lalu merupakan peluang besar bagi kami di XL Business Solutions untuk mengembangkan solusi berdasarkan situasi nyata yang dihadapi oleh klien kami. Selanjutnya, kami dan Sierad Produce akan melakukan ekspansi besar-besaran dalam penerapan solusi XL Smart Poultry ini,” jelas Feby.

Kini, kedua pihak siap untuk memperluas kerja samanya dengan berbagai peternak unggas di Indonesia yang diperkirakan mencapai 70.000 – 80.000 peternak ayam. Hal tersebut merupakan bukti nyata industri 4.0 dengan menggunakan XL flexIoT yang merupakan unified full-stack IoT platform dengan standar Telco-Grade yang dapat meningkatkan bisnis serta keamanan yang terjamin.