Youtube Miliki Fitur Terbaru Berbasis Teknologi AI


YouTube

Ilustrasi YouTube

Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat yakni YouTube, kini memiliki salah satu fitur terbarunya. Fitur baru tersebut adalah kemampuan menambahkan chapter pada video.

Fitur tersebut untuk menolong video yang memiliki durasi panjang. Kreator bisa memecah video itu ke dalam bagian (chapter) berbeda, sehingga pengguna bisa dengan mudah dan cepat melewati video ke bagian yang mereka inginkan.

Namun, fitur ini juga memiliki sisi negatif yang membuat kreator harus menambahkan chapter ke dalam video tersebut secara manual untuk menentukan pecahan video yang akan dibuat chapter. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena YouTube sedang menguji coba pembuatan chapter oleh mesin Artificial Intelligence (AI).

Kreator tidak perlu bekerja lebih secara manual menambahkan cap waktu. Artificial Intelligence YouTube dapat menolong kreator untuk menentukan kapan dan dimana chapter tersebut ditempatkan.

“Kami ingin mempermudah orang untuk menavigasi video dengan video chapter, sehingga kami bereksperimen dengan menambahkan video chapter secara otomatis (jadi kreator tidak harus menambahkan timestamp secara manual). Kami akan menggunakan mesin pembelajaran untuk mengenali teks untuk menghasilkan video chapter secara otomatis. Kami menguji coba fitur ini pada sejumlah video,” tulis Youtube dilansir dari Timlo, Selasa (24/11).

Karena video seringkali tidak memiliki teks, maka melihat bagaimana AI YouTube menandai chapter akan menjadi menarik. Jika mesin Artificial Intelligence itu berhasil menjalankan fitur tersebut, maka kreator tidak perlu lagi bekerja secara manual menambahkan chapter ke dalam video mereka dan menghemat waktu para kreator.