Kembangkan Platform Linguistik Berbasis AR dan AI, Oman Kerja Sama dengan Indonesia


Ilustrasi Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Kesultanan Oman dan Indonesia jalin kemitraan untuk kembangkan platform linguistik berbasis teknologi augmented reality (AR) dan artificial intelligence (AI). Mengusung nama Salam Tech, kemitraan didukung Menteri Wakaf dan Agama H.E Shaikh Abdullah bin Mohammed Al Salimi melalui Emerging Technology Company of Oman (ETCO) dan Awadah Group Indonesia.

Salam Tech akan meluncurkan aplikasi serta konten unik yuang dirancang untuk pasar global. Aplikasi serta konten ini akan dimulai dari Indonesia yang selanjutnya akan diperluas ke wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya.

Peresmian hubungan kemitraan ini ditandai dengan acara penandatanganan nota kesepakatan yang diwakili CEO Abdulaziz Jafaar dari ETCO, dan Direktur Utama Dhohir Farisi dari Awadah Group Indonesia.

“Indonesia adalah negara dengan lebih dari 268 juta penduduk, di mana lebih dari 80% merupakan muslim. Melalui kolaborasi ini, kami ingin memperkenalkan kaligrafi Omani-Arabic serta karya seni lainnya dalam bentuk digital agar masyarakat di Indonesia bisa menikmati produk inovatif yang sudah dekat dengan hati, pikiran, dan keyakinan mereka,” kata Abdulaziz, Senin (28/12/2020).

Salam Tech nantinya melalui produk serta konten yang dirilis akan memperkenalkan budaya antara Indonesia dan Oman dengan memanfaatkan teknologi imersif terbaru, berupa AR, Virtual Reality (VR), dan kecerdasan buatan atau AI. Kolaborasi ini akan terpusat di Indonesia, namun akan berkembang ke pasar global dengan memproduksi rangkaian produk dan layanan teknologi.

Guna mengembangkan Salam Tech, perusahaan teknologi AR terkemuka WIR Group telah ditunjuk. WIR Group akan berperan dalam mengembangkan produk dan fitur teknologi Salam Tech guna mempromosikan budaya Oman dan Indonesia secara global.

“Oman adalah negara yang kaya akan warisan budaya. Kami telah menggabungkannya dengan teknologi dalam beberapa tahun terakhir. Salam Tech adalah perusahaan yang menghadirkan produk dan konten budaya-teknologi ke Indonesia dengan gaya Islam-Timur Tengah yang dapat dinikmati dan diapresiasi masyarakat dengan latar belakang berbeda,” tutur Yenny Wahid mewakili Awadah Group.

Yenny menambahkan, Oman merupakan kesultanan dengan budaya Timur Tengah yang unik dan menarik sehingga bisa menjadi sudut pandang baru bagi orang Indonesia. Selain itu, konten budaya untuk disorot tahun 2021 adalah Mushaf Muscat yang merupakan perintis terobosan kaligrafi digital saat ini.

Kolaborasi Oman-Indonesia akan memungkinkan Salam Tech memproduksi produk dan layanannya untuk memperkaya pengetahuan, semangat, serta kemanusiaan konsumennya. Hal ini selain dari pengalaman pertukaran budaya dan pengalaman global yang lebih holistik.