Sebagai Global Digital Hub, Telkom Gunakan Data Center neuCentrIX


Telkom Bangun Data Center

Ilustrasi Data Center

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai global digital hub didorong untuk mengakomodir terwujudnya ekosistem digital, salah satunya melalui data center neuCentrIX seiring dengan tingginya permintaan internet dan produk digital oleh masyarakat di Indonesia. 

“NeuCentrIX merupakan data center yang terhubung dengan jaringan Telkom dan operator lainnya, baik domestik maupun global,” kata Executive Vice President Regional 7 Telkom, Agus Yudha Basuki di Makassar, Senin (6/6).

NeuCentrIX adalah inisiatif TelkomGroup dalam melayani pasar grosirindustri telekomunikasi dan ekosistem digital melalui penyediaan layanan data center.

Dengan keunggulan jangkauan terluas dan akses terbesar di Indonesia, neuCentrIX mampu memenuhi kebutuhan internet berkecepatan tinggi dan akses produk digital yang akan mendukung perkembangan bisnis di masa depan.

Menurut Agus, penyedia konten dalam negeri yang menggunakan layanan neuCentrIX di kota-kota terdekat dapat merasakan manfaat akses global. Selain itu, manfaat yang ditawarkan dari penggunaan data Center neuCentrIX mulai dari layanan Colocation, Konektivitas, Cloud, dan Layanan Jaringan Pengiriman Konten (CDNS).

Agus Yudha mengatakan kondisi pandemi yang berlangsung selama dua tahun terakhir telah membuat banyak perubahan dalam cara kita berbisnis. Sejak awal pandemi, ada delapan sektor industri yang menjadi sorotan, yakni e-commerce, makanan, perkapalan, komunikasi online, media dan konten online, keuangan, layanan dan teknologi kesehatan, serta teknologi pendidikan.

Banyak bisnis kemudian berkembang berkat penemuan produk atau layanan baru dan bertahan karena mampu mengatasi perubahan. Namun, satu hal yang pasti, bisnis apa pun saat ini bisa tetap relevan karena mengandalkan infrastruktur digital, termasuk data center.

"Layanan Colocation Data Center , seperti yang disediakan di neuCentrIX membuat pekerjaan jarak jauh lebih mudah dan memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan layanan terbaik dan mengurangi biaya dibandingkan dengan mengelola data center Anda sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada dua efisiensi yang diperoleh dari penggunaan layanan colocation, yaitu efisiensi finansial dan operasional. Perusahaan tidak perlu memiliki fasilitas di tempat untuk mendapatkan hasil maksimal dari pusat data. neuCentrIX akan menyediakan ruang, peralatan, daya, pendinginan, keamanan, dan konektivitas yang diperlukan untuk operasi bisnis.

Agus Yudha berharap data center neuCentrIX ini dapat mengakomodir kebutuhan colocation, konektivitas, cloud, dan produk digital untuk pemerintah, Internet Service Provider (ISP), dan start-up. Serta diharapkan neuCentrIX Mattoanging di Makassar dan neuCentrIX Panikidi Manado menjadi titik temu para pelaku digital di KTI guna mewujudkan Indonesia sebagai Global Digital Hub.

Sementara itu, Deputy Executive Vice President Telkom Regional 7 Mohammad Syibli yakin neuCentrIX ini akan sangat bermanfaat. Tidak hanya profesional TI dalam mendapatkan pengetahuan terkini tentang cloud dan teknologi data center, tetapi juga menambah wawasan tentang perkembangan cloud dan data center di Indonesia.

Saat ini menurut Syibli , neuCentriX berlokasi di 18 lokasi, 3 kota di Kalimantan, 2 kota di KTI , 2 kota di Sumatera, 5 kota di Jawa, dan 1 di Denpasar. neuCentrIX Mattoangin yang berlokasi di Jalan Kakatua Makassar merupakan data center dengan kapasitas 50 Full Racks , 15 Sub Racks dan Tier -2 berstandar dimana service level assurance dijamin memiliki downtime kurang dari 22 jam dalam setahun.


Bagikan artikel ini