Waspadai! Tanda-tanda HP Terinfeksi Malware dan Cara Mengatasinya


Ilustrasi Smart Phone

Ilustrasi Smart Phone

Virus malware menjadi ancaman serius bagi perangkat elektronik, termasuk smartphone yang sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Malware adalah singkatan dari malicious software, artinya, program yang diciptakan khusus untuk menyusup ke dalam sebuah sistem tanpa sepengetahuan pemiliknya dan bertahan di sana untuk jangka waktu tertentu. Biasanya, malware menyamar sebagai program yang tidak berbahaya untuk mengelabui pengguna.

Ancaman ini tidak boleh diabaikan karena dapat mengakibatkan pencurian informasi sensitif, seperti data perbankan, yang dapat merugikan pengguna. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri bahwa HP atau smartphone kita terkena malware dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya. Berikut ini ciri-ciri yang harus perlu diwaspadai.

 

Ciri-ciri HP terkena malware

  1. Peringatan Virus

Jika kamu menerima peringatan yang mengindikasikan adanya virus atau malware yang menginfeksi perangkat, segera waspada. Biasanya, peringatan ini muncul dari aplikasi keamanan atau sistem operasi perangkat.

  1. Antivirus Tidak Berfungsi

Salah satu tanda yang jelas adalah ketika software antivirus yang biasanya kamu gunakan tidak lagi berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat melakukan pemindaian terhadap malware.

  1. Penurunan Kecepatan

Perhatikan apakah terjadi penurunan yang signifikan dalam kecepatan operasional perangkat. Malware dapat mempengaruhi kinerja smartphone sehingga terasa lebih lambat dari biasanya.

  1. Penyimpanan Penuh atau Berkurang Tanpa Alasan

Jika kamu menyadari bahwa ruang penyimpanan perangkat mengalami penurunan yang tidak terduga, meskipun tidak ada file baru yang ditambahkan, ini bisa menjadi tanda bahwa ada malware yang mengonsumsi ruang penyimpanan.

  1. Perangkat Berhenti Berfungsi

Ciri yang paling ekstrem adalah ketika perangkat tiba-tiba berhenti berfungsi atau mengalami kerusakan yang tidak dapat diatasi.

 

Langkah-langkah Mengatasi Malware

Setelah mengenali ciri-ciri bahwa HP kamu terkena malware, dirangkum dari CNBC Indonesia, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan perangkat dari malware :

  1. Mengaktifkan Google Play Protect

Google Play Protect adalah fitur keamanan bawaan dari Google untuk melindungi perangkat Android dari malware. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Google Play, lalu ketuk ikon Profile di bagian atas, lanjutkan ke Tap Protect > Settings, dan aktifkan Scan apps with Play Protect.

  1. Selalu Melakukan Update Perangkat

Pastikan untuk selalu melakukan update perangkat ketika tersedia. Perbarui sistem operasi dan aplikasi secara berkala untuk mendapatkan fitur keamanan terbaru dan perbaikan bug. Jangan abaikan pembaruan tersebut, karena kesadaran akan keamanan perangkat adalah langkah pertama dalam menjaga privasi dan integritas informasi.

  1. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Lakukan pemeriksaan secara berkala terhadap aplikasi yang terinstal di perangkat kamu. Hapus aplikasi yang tidak penting, tidak terpercaya, atau berasal dari sumber yang tidak jelas, terutama jika aplikasi tersebut tidak ada di Google Play Store.

  1. Periksa Keamanan Akun Google

Lakukan checkup keamanan secara rutin untuk memastikan bahwa akun Google kamu aman dari serangan malware atau kebocoran data. Kamu bisa melakukannya dengan membuka browser web seperti Chrome, masuk ke myaccount.google.com/security-checkup, dan ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk memperbaiki masalah keamanan yang ada.

 

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara rutin dan konsisten, dapat membantu melindungi perangkat pintar dari infeksi malware yang dapat merugikan. Selain itu, ingatlah pentingnya untuk tidak mengabaikan tanda-tanda yang mencurigakan pada perangkat dan segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah keamanan tersebut. Kesadaran dan tindakan preventif adalah kunci utama dalam menjaga keamanan perangkat pintar kita dari ancaman malware.


Bagikan artikel ini