Telkom Indonesia Dukung Digitalisasi Pesantren


Gedung Telkom Indonesia

Logo Telkom Indonesia

Lingkungan pesantren seringkali mengalami kendala klasik seprti konektivitas internet yang terbatas, kesulitan mengakses informasi mengenai pesantren hingga sistem belajar yang termasuk konvensional. Maka dari itu, Indonesia Digital Network dari PT Telkom Indonesia hadir sebagai solusi untuk mendukung transformasi digital di lingkungan pesantren.

“Maka, kami di Telkom telah dan sedang memberikan program Pesantren Go Digital sebagai solusi kami untuk segmen pesantren, seperti layanan kartu santri, website builder, dakwah digital, platform belajar digital, hingga e-commerce,” kata Direktur Digital Bisnis Telkom Indonesia Fajrin Rasyid dalam siaran pers, Minggu (25/4/2021).

Fajrin melanjutkan, kartu santri akan memudahlan administrasi serta transaksi santri dalam lingkungan pesantren, sedangkan website builder akan mendorong pesantren untuk dapat mendesain website sendiri dengan berbagai template yang mudah digunakan. E-commerce akan membantu memasarkan produk unggulan pesantren baik secara online maupun offline.

Selain itu, Fajrin juga menuturkan bahwa layanan dakwah digital akan menjadikan santri sebagai kontributor eksklusif untuk video dakwah dalam aplikasi Muslim Life, sementara konektivitas akan mendukung pesantren menjangkau lebih banyak jamaah kapan saja dan di mana saja.

“Kami siap mendorong itu semua karena sarana yang kami miliki, yakni Indonesia Digital Network menghadirkan jaringan internet andal untuk mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia. Di dalamnya ada fiber optik sepanjang 164.912 km dari Sabang sampai Merauke yang setara empat kali keliling bumi,” papar Fajrin.

Jaringan fiber optik milik Telkom Indonesia ini pun mencakup 99  persen internet untuk populasi Indonesia dengan kehadiran 219.323 BTS. Selain itu, jaringan ini juga menjangkau 458 Ibukota Kabupaten dan Kota, serta terkoneksi juga dengan 22 Data Center dari Telkom Indonesia.

Fajrin juga mengtakan bahwa selain menghadirkan saran fisik, Telkom Indonesia juga menyediakan platform digital seperti big data & analytics, API Factory, Internet of Things (IoT), cloud computing, customer engagement, dan ecosystem.

Ada pula layanan terbaru dari Telkom Indonesia untuk mendukung ekonomi syariah di Indonesia, yaitu dengan adanya penyediaan layanan syariah melalui LinkAja sebagai sistem pembayaran digital yang berbasis syariah.

“Prinsipnya kami siap mendukung semua pesantren, siap berkolaborasi dalam program Pesantren Go Digital guna mendukung visi pemerintah Indonesia menjadikan Indonesia sebagai kiblat ekonomi syariah dunia pada tahun 2024 mendatang,” pungkas Fajrin.


Bagikan artikel ini