Tingkatkan Infrastruktur Cloud, Telkomsigma Adopsi Teknologi MCMP


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Perusahaan telekomunikasi di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) terus melakukan perkebangan teknologi digital. Dalam layanannya, telkomsigma berupaya melakukan perkembangan teknologi untuk dapat menyeimbangi tingginya tren adopsi digital sehingga menyebabkan meningkatnya trafik cloud dengan Multi Cloud Management Platform (MCMP).

MCMP merupakan teknologi yang membawa skema hybrid cloud dalam mengelola infrastruktur cloud agar lebih fleksibel dengan kebutuhannya, sehingga Telkomsigma dapat memberikan keuntungan untuk para pelanggannya.

Dengan adanya teknologi ini, para pengguna dapat memanfaatkan penggunaan platform yang sudah ada atau yang baru untuk dapat meningkatkan kapasitas layanan. Selain hal tersebut, layanan cloud Telkomsigma dalam infrastrukturnya didukung oleh adanya data center Tier III dan Tier IV Uptime Institute yang dikelola secara best practice dan telah dilengkapi dengan adanya sistem disaster recovery dalam menjamin ketersediaan layanan bagi pelanggan.

Data center yang merupakan infrastruktur dasar yang menjadi backbone dari layanan berbasis cloud dan juga sebagai fokus pada layanan ICT Telkomsigma. Data center tersebut memiliki kapabilitas agar dapat menyediakan layanan colocation, DC managed operation, cross connect, working room dan dapat juga merancang konstruksi data center.

Untuk saat ini, terdapat lebih dari 40% keseluruhan pelanggan data center yang berasal dari sektor keuangan seperti perbankan, finansial dan asuransi, dengan total sebanyakn lebih dari 200 pelanggan untuk segmen enterprise. Sedangkan, layanan cloud saja untuk saat ini, Telkomsigma sudah menangani lebih dari 490 pelanggan, meliputi startup, enterprise dan UMKM.

"Hal ini tentu menjadi bukti bahwa infrastruktur digital kami telah memiliki level kepercayaan yang kuat dari pelanggan karena mampu memenuhi standar keamanan data dan prosedur operasional yang dikelola secara best practice," jelas CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi.

Baru-baru ini, Telkomsigma mendapatkan apresiasi internasional dalam ajang Frost & Sullivan Best Practices Award 2020 sebagai peraih penghargaan 2020 Indonesia Cloud Infrastructure Services Provider of The Year (25/8/2020). Sihmirno Adi mengatakan bahwa dengan memperoleh penghargaan ini, dapat menjadi bukti atas unggulnya Telkomsigma dalam menyediakan integrated ICT Solution secara konsisten menghadirkan infrastruktur digital yang dapat mendukung pertumbuhan sektor digital di saat masa pandemi ini.

"Kami memahami tuntutan industri yang perlu lebih gesit beradaptasi baik dari sisi teknologi dan bisnis, sehingga hal tersebut tidak bisa lepas dari kebutuhan transformasi digital yang tentu menjadi fokus bisnis kami dan juga sangat relevan dengan visi Telkomsigma sebagai 'The Preferred Digital Transformation Partner'," jelas Sihmirmo Adi.


Bagikan artikel ini