ZebraX Hadirkan Edge Analytics untuk Dukung Bisnis Manfaatkan IoT


IOT

Ilustrasi IOT

Data di masa kini telah menjadi aset berharga bagi semua perusahaan, karena dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan bisnis. Pada use case di industri sendiri, data dikumpulkan dari berbagai perangkat seperti sensor internet of things (IoT) yang berbeda-beda.

Data yang telah dikumpulkan melalui sensor IoT kemudian akan dikumpulkan dalam sebuah pusat data untuk selanjutnya dianalisis sehingga mendapatkan insight yang bisa menjadi dasar dalam pengambilan keputusan.

Namun dalam pengolahan data ini, terdapat tantangan di mana industri bisa saja melewatkan proses sentralisasi data untuk diolah dan langsung memasuki proses analisis. Hal ini bisa terjadi dan mempengaruhi upaya optimalisasi bisnis mereka.

Maka menjawab tantangan tersebut, PT Zebra Cross Teknologi (ZebraX) kemudian menghadirkan pendekatan edge analytics. Edge analytics sendiri merupakan metode analisis yang dilakukan pada komponen tidak terpusat, tapi di tingkat device seperti sensor, sakelar, dan berbagai perangkat yang terhubung.

Product Manager Oil & Gas ZebraX Imron Rosyadi menuturkan, bahwa melalui solusi ini insight dapat diperoleh lebih dekat ke perangkat sumber data itu sendiri dan dapat diproses secara real time.

Imron melanjutkan, bahwa seiring dengan munculnya teknologi IoT, terdapat peningkatan jumlah data yang dikumpulkan dan ingin dianalisis oleh organisasi. Namun proses transmisi data dari titik pusat dan insight ke edge secara bolak-balik kemudian membutuhkan waktu.

“Solusi edge analytics mampu memberikan insight yang cepat dan terdesentralisasi dari data-data yang dikumpulkan, dari sumber datanya langsung dengan tingkat kekerapan data yang tinggi,” jelas Imron.

ZebraX sendiri saat ini memiliki kapabilitas untuk mendukung industri melakukan implementasi solusi edge analytics, terutama bagi industri di bidang minyak dan gas (migas). Solusi ini dapat diterapkan pula untuk industri lain, seperti ritel, manufaktur, logistik, hingga keamanan.

Hal ini terutama dengan industri energi dan manufaktur yang umumnya memerlukan respon cepat ketika ada mesin yang gagal bekerja atau membutuhkan perawatan. Edge analytics dapat mendukung industri untuk melakukan identifikasi tanda-tanda kegagalan lebih cepat serta mengambil tindakan sebelum muncul kendala pada sistem tanpa perlu analisa data terpusat.

Keunggulan yang dihadirkan dalam implementasi solusi edge analytics ini juga dapat membantu industri untuk menampilkan analisis data secara real-time, skalabilitas pengukuran data, mengurangi biaya terkait penyimpanan data dan konsumsi bandwidth, hingga menjaga keamanan dari data itu sendiri.

Edge analytics kemudian menjadi metode analisis alternatif dari data analytics tradisional yang dapat dipertimbangkan oleh industri. Hal ini untuk menunjang efisiensi serta optimalisasi dalam proses di industri.

“Mengingat semakin meningkatnya ketergantungan bisnis pada pengambilan keputusan yang didorong oleh data dan proses otomatisasi, edge analytics adalah investasi yang signifikan dimiliki oleh industri guna membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang optimal,” pungkas Imron.

PT Zebra Cross Teknologi (ZebraX) sendiri memiliki kompetensi dan pengalaman yang mumpuni di bidang data science dan IoT industri, strategi digital dan konsultasi bisnis, serta product technology development untuk mendukung perjalanan digital industri 4.0 di Indonesia.


Bagikan artikel ini