Cloud Connect, Solusi Jaringan Lebih Cepat Oleh Indosat Ooredoo


Indosat Ooredoo

Logo Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo dalam Webinar Series CONNEX : Powering Your Businedd for The New Way of Working Era, Kamis (17/9/2020) melakukan peluncuran layanan Cloud Connect. Cloud Connect merupakan layanan Indosat Ooredoo yang memberikan konektivitas ke public cloud dengan konsep Network-as-a-Service (NaaS).

Cloud Connect merupakan kerja sama Indosat Ooredoo dengan Net Foundry, yang menjadikan Indosat Ooredoo sebagai penyedia layanan NaaS pertama berbasis full-software di Indonesia. Layanan Cloud Connect ini bahkan bisa meningkatkan performa jaringan hingga lima kali lebih cepat dibandingkan alternatif network biasa seperti VPN tradisional.

Kecepatan tersebut seperti disosialisasikan dalam webinar, dapat membuat pelanggan terhubung dengan mudah ke public cloud seperti Google, Azure, Amazon Web Cloud (AWS), dan Alibaba. Cloud Connect pun dapat dengan mudah digunakan di berbagai perangkat sehingga pelanggan bisa membuat jaringan virtual dalam waktu singkat tanpa menggunakan perangkat keras tambahan.

“Bersama Net Foundry, Indosat Ooredoo menghadirkan Cloud Connect sebagai solusi bagi pelanggan korporat untuk menjalankan bisnis secara cepat dan efisien dengan mengedepankan tiga keunggulan utama, yaitu peningkatan performa, fleksibilitas, serta standar keamanan tinggi,” ujar Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo.

Standar keamanan tinggi yang diberikan oleh layanan Cloud Connect, yaitu zero trust security. Sistem keamanan ini adalah lima lapisan model keamanan yang disempurnakan untuk membuat jaringan tak terlihat yang bisa mengamankan koneksi jarak jauh dengan cloud.

Bayu menyatakan, Indosat Ooredoo memahami dampak serta tantangan yang datang menghadang perusahaan di masa pandemi COVID-19 ini, sehingga sejak awal pandemi Indosat Ooredoo pun mengambil peran sebagai enabler, terutama di bidang informasi dan komunikasi.

Solusi ini, menurut Bayu, diharapkan dapat membantu berbagai korporasi untuk dapat menekan biaya produksi dan operasional, yaitu dengan berlangganan public cloud sebagai pendukung infrastruktur teknologi informasi dan penyimpanan big data perusahaan.

Cloud Connect yang bisa memungkinkan pelanggan untuk bekerja di mana saja dan kapan saja juga diharapkan menjadi solusi untuk mendorong sektor bisnis Indonesia semakin di depan, terutama membantu perusahaan menerapkan kerja dari rumah yang diakibatkan pandemi COVID-19.