Indosat Bersama NetFoundry Luncurkan Layanan NaaS Terbaru, InstaConnect


Indosat Ooredoo

Logo Indosat Ooredoo

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membuat sebagian besar perusahaan masih menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah atau WFH (work from home). Meskipun dinilai tidak mengurangi produktivitas kerja, perusahaan pun tetap menghadapi beberapa kendala, salah satunya adalah perlambatan koneksi untuk akses cloud.

Kondisi pandemi saat ini semakin mendorong perusahaan serta pelaku bisnis lainnya untuk bermigrasi ke cloud guna memenuhi kebutuhan untuk menyimpan data. Hal ini pun bertujuan untuk membantu akses data yang fleksibel dan interkoneksi antardivisi tetap terpenuhi untuk mendukung proses bisnis.

Koneksi mumpuni pun semakin diperlukan karena akses ke public cloud semakin ramai. Menjawab kebutuhan ini, Indosat Ooredoo pun meluncurkan layanan InstaConnect pada Agustus 2020 lalu. Layanan ini berbasis Network-as-a-Service (NaaS) yang menggabungkan layanan bundling Indosat dengan akses yang terintegrasi ke public cloud.

Layanan InstaConnect sendiri merupakan hasil kerja sama Indosar Ooredoo dengan NetFoundry, selaku penyedia cloud native networking. Kolaborasi ini pun diharapkan dapat menjadi solusi bagi pelanggan yang masih merasa kesulitan memperoleh koneksi yang optimal serta akses mudah ke cloud.

Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo menyatakan bahwa layanan InstaConnect akan menjadi salah satu komitmen Indosat untuk mendukung kebijakan pemerintah sekaligus upaya untuk memberikan layanan yang terbaik pada konsumen.

“Kapasitas dan solusi kami akan memberikan kelancaran komunikasi yang ditunjang oleh jaringan yang andal dan aman. Melalui InstConnect, jaringan kami akan lebih cepat, lebih aman,dan lebih mudah dioperasikan daripada sebelumnya,” ujar Bayu dalam keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

Keuntungan lain dalam penggunaan InstaConnect adalah konsumen juga dapat menikmati kemudahan untuk mengakses Amazon Web Services, Google, dan Azure sebagai hasil dari kerja sama Indosat dengan NetFoundry. Hal ini karena NetFoundry adalah salah satu penyedia jaringan cloud dan IoT Networking.

Dipesh Ranjan, Vice President dan Managing Director Asia Pasifik NetFoundry mengungkap bahwa kerja sama dengan Indosat Ooredoo ini mampu memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pelanggan. Hal ini karena data dan koneksi tetap aman, pelanggan pun bisa dengan mudah mengakses public cloud di mana saja.

“NetFoundry memungkinkan konektivitas yang aman dan andal berbasis jaringan zero trust antara pelanggan kami dan berbagai aplikasi mereka yang dihosting pada cloud publik maupun pribadi, di mana pun klien kami berada atau terhubung,” kata Dipesh.

Dipesh pun menuturkan, guna menjamin keandalan serta keamanan data pihaknya akan terus memantau serta meningkatkan keamanannya pada berbagai sisi.

Senada dengan pernyataan Dipesh, Bayu juga mengungkap bahwa kehadiran kolaborasi dengan NetFoundry juga bisa membantu memaksimalkan kegiatan WFH bagi para pelanggan Indosat Ooredoo.

“Dengan diluncurkannya layanan Indosat Ooredoo InstaConnect, prioritas utama kami adalah memberikan pemberdayaan pekerja jarak jauh sebagai solusi bagi perusahaan dan pasar UKM Indonesia yang sedang berjuang dalam pandemi COVID-19,” pungkas Bayu.