DIGITECH 2018: Mendorong Ekosistem Industri 4.0 di Indonesia

  • 28 Nov 2018 14.18 WIB

Pembukaan Digitech 2018

Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Teknologi, Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) menyelenggarakan acara Digital Technology Indonesia 2018 yang disingkat dengan DIGITECH 2018. Acara ini digelar pada tanggal 28 November 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Tema utama dalam acara ini adalah "Digital Transformation & Industry 4.0" yang menghadirkan lebih dari 30 pembicara baik dari instansi pemerintah, akademisi dan juga para pelaku industri.

Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB dan terbagi menjadi 2 sesi utama yaitu Opening & Plenary Session di pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB dan dilanjutkan Track Session yang dimulai pukul 13.00 WIB yang membawakan 8 tema utama yaitu: Cloud Computing, Blockchain, Fintech, Smart City, Big Data, Cybersecurity, Artificial Intelligence dan Internet of Things. 

"Kami mengadakan acara ini untuk mendorong dan membangun ekosistem di Indonesia untuk menghadapi era industri 4.0, kami mengundang para pembicara dari pemerintah, akademisi dan para pelaku industri dengan harapan akan tercipta kolaborasi bersama untuk menghadapi era tersebut", ungkap Alex Budiyanto selaku Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) yang ditemui di lokasi acara. 

"Kami dari Asosiasi Cloud Computing Indonesia percaya, bahwa di era transformasi digital dan era industri 4.0, Cloud Computing akan menjadi fondasi utama. Banyak teknologi pendukung era industri ke-4 ada diatas layanan Cloud Computing yang tinggal dimanfaatkan untuk mempercepat akselerasi inovasi dan meningkatkan efisiensi", tambah Alex. 

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) Soegiharto Santoso atau yang biasa dipanggil Hoky dalam sambutannya menyampaikan, "Terima kasih kepada Kemenperin, Kemenkominfo, BSSN, Bekraf, Wantiknas, Wantannas, FTII, APJII, PANDI, dan juga kepada pihak TNI dan Polri serta para sponsor yang telah memberikan dukungan sehingga acara ini bisa berlangsung dengan baik". 

Soegiharto Santoso menambahkan, dalam era industi 4.0 hal yang cukup penting adalah membangun mindset, bagaimana mengubah pola pikir para pucuk pimpinan suatu institusi agar bisnis mereka dapat berjalan lebih efektif dan efisien dengan bantuan teknologi. "Membangun mindset dalam menciptakan aplikasi-aplikasi agar bisa menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri. Jangan sampai kita hanya menjadi pangsa pasar untuk pemain-pemain global, seperti Google, Facebook, Twitter , Youtube dan lain-lainnya,” imbuhnya. 

Acara DIGITECH ini diharapkan akan menjadi agenda tahunan, dimana ACCI dan APTIKNAS mempercayakan pelaksanaan acara ini kepada PT Antheus Indonesia sebagai Event Organizernya. "Ini adalah acara DIGITECH pertama kami, Alhamdulilah dari sesi pagi dan siang total ada sekitar 400 orang yang hadir, semoga tahun depan kami bisa membuat acara yang lebih besar lagi", ungkap Hoky mengakhiri perbicangan.