Dukung Transformasi Digital, IOH Kolaborasi dengan Google Cloud


Transformasi Digital

Ilustrasi Transformasi Digital

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui Indosat Business jalin kolaborasi dengan Google Cloud untuk hadirkan berbagai solusi yang dibutuhkan dalam upaya transformasi digital oleh korporasi, UMKM, pendidikan, hingga pemerintahan.

Chief Business Officer IOH Bayu Hanantasena mengatakan, bahwa kolaborasi ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis yang sebelumnya telah diumumkan pada November 2021 lalu untuk mempercepat transformasi digital di seluruh segmen konsumen perusahaan di Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini, Indosat Business melakukan pengembangan inovasi teknologi digital berbasis internet of things (IoT), Advanced Data Analytics, serta Cloud and Collaboration Tools untuk mendukung transformasi digital bagi korporasi, UMKM, pendidikan, dan pemerintahan,” jelas Bayu melalui keterangan resminya, melansir dari Bisnis.com, Jumat (1/7/2022).

Bayu kemudian menjelaskan bahwa kemitraan yang dijalin antara Indosat Business dan Google Cloud akan mencakup beberapa area solusi digital, seperti one stop digital business ecosystem, yang merupakan sebuah platform digital untuk menghubungkan serta memberdayakan para pelaku bisnis, termasuk UMKM di Indonesia.

Selain itu, Bayu menyebutkan bahwa platform ini memungkinkan pelanggan untuk dapat memperoleh kemudahan dalam menjalankan bisnis dengan menggunakan aplikasi digital, menjangkau pelanggan secara luas, serta memudahkan transaksi.

Selanjutnya adalah advanced data analytics yang merupakan solusi big data analytics untuk membantu memudahkan proses pengambilan keputusan berbasis data, mendukung operasional bisnis. Selain itu, juga memudahkan akuisisi pelanggan melalui smart digital advertising.

Bayu juga memaparkan area lain yang mencakup kolaborasi ini, yaitu artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan IoT. Layanan ini akan menghadirkan solusi IoT yang didukung AI untuk dapat meningkatkan produktivitas serta mengurangi biaya dalam operasional perusahaan di bidang manufaktur, retail, logistik, dan lainnya.

“Selanjutnya untuk cloud and collaboration tools, yaitu gabungan kemampuan terbaik IOH dan Google Cloud untuk menyediakan solusi hybrid cloud didukung dengan konektivitas yang andal dan aman dengan Google Cloud direct connect, sebagai solusi menyeluruh untuk teknologi informasi dan komunikasi,” jelas Bayu.

Sementara Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie menuturkan, bahwa hadirkan layanan cloud computing dari Google Cloud ini berawal dari keinginan untuk menyediakan layanan keamanan, skalabilitas, dan keandalan untuk perusahaan-perusahaan pelanggan yang dilengkapi dengan kemampuan data analytics.

Megawaty mengungkapkan bahwa IOH bersama Google Cloud telah berinovasi dalam tiga hal, yakni mendukung upaya pemerintah dalam membantu UKM agar unggul di tingkat lokal dan internasional, menghadirkan teknologi cerdas bagi pelanggan perusahaan, serta mendukung IOH untuk bertransformasi agar mampu memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

“Jadi untuk perusahaan yang mereka tidak mau ikut digital transformation sebagainya, terus terang mereka akan punah karena pengguna ke depan mereka pasti akan pakai digital services. Jadi masa depan [digital] itu sangat penting,” imbuh Megawaty.


Bagikan artikel ini