Kominfo Dorong Penerapan 5G Telkomsel di IKN untuk Smart City


Ilustrasi Smart City

Ilustrasi Smart City

Kemenkominfo terus mengupayakan kemajuan ekosistem digital di Ibukota Negara Nusantara (IKN) dengan mendorong operator telekomunikasi, seperti Telkomsel, untuk menyelipkan jaringan 5G. IKN, yang sedang dalam proses transformasi menjadi Smart City, diharapkan dapat meraih dampak positif dalam pemerintahan digital, konektivitas digital, dan kepuasan berbisnis di sektor digital.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Wayan Toni Supriyanto, menekankan bahwa “Kemenkominfo mendorong tergelarnya infrastruktur digital di IKN untuk memungkinkan penggunaan teknologi baru termutakhir seperti penggunaan autonomous vehicle, internet of things berbasis 5G dan Big Data dapat berjalan secara simultan dan berkelanjutan,” ujarnya dikutip, Jumat (8/12/2023). 

Menanggapi inisiatif tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menegaskan bahwa semua jaringan internet di IKN harus berbasis 5G. Dengan kecepatan internet yang memadai, IKN diharapkan dapat menjadi kota cerdas yang unggul dalam pemanfaatan teknologi. “Masa smart internetnya cuma 50 mbps, jadi nggak smart dong. Semua yang ada di ibu kota semuanya harus didukung kecepatan internet yang memadai. Makanya harus 5G," ungkap Budi.

Para operator seluler, seperti Smartfren, XL Axiata, dan Telkom Indonesia, turut bersiap untuk merambah IKN. Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, menyatakan bahwa perusahaan sudah matang dalam perencanaan investasi di IKN dan tinggal menunggu kesiapan infrastruktur di lokasi. Serat optik PT XL Axiata Tbk. juga telah membentang lebih dari 9.500 kilometer di IKN untuk mendukung layanan internet berkualitas tinggi, termasuk 5G.

Sementara itu, Telkom Indonesia berencana membangun jaringan transisi yang melibatkan berbagai aspek, seperti internet fixed broadband, internet bergerak, jaringan  backbone, dan transportasi di IKN. VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko, menegaskan fokus perusahaan tidak hanya pada infrastruktur transisi, tetapi juga pada pembangunan TelkomGroup Smart Office (TSO) sebagai pusat jaringan backbone dan transportasi serat optik dari dua gateway utama, Batam dan Manado, ke IKN.

Dengan langkah-langkah ini, Menkominfo dan operator telekomunikasi berharap IKN dapat menjadi pionir dalam penerapan teknologi 5G untuk mendukung kemajuan ekosistem digital dan mewujudkan visi smart city yang berdaya saing tinggi di Indonesia.


Bagikan artikel ini