XL Bersama SCOPI, Hadirkan IoT untuk Tingkatkan Kualitas Kopi


Xl Axiata

Logo Xl Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions jalin kolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) untuk menghadirkan solusi berbasis internet of things (IoT) bernama ‘Smart Coffee Monitoring’ untuk meningkatkan kualitas produk kopi serta efisiensi biaya operasional.

Menurut hasil data Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, tingkat konsumsi kopi meningkat 7% setiap tahunnya. Oleh karena itu, untuk memperoleh pasar yang lebih luas serta meningkatkan nilai mutu, diperlukan usaha untuk menjaga konsistensi kualitas kopi.

“Salah satu yang bisa kita tempuh adalah dengan memanfaatkan solusi berbasis IoT seperti XL Smart Coffee Monitoring,” kata Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto dalam keterangannya, melansir dari Republika.id, Senin (27/12/2021).

Feby menuturkan bahwa solusi IoT ini tidak hanya untuk mendigitalisasi proses produksi kopi, tetapi juga dapat menjadi personal assistant bagi para petani kopi, khususnya dalam proses fermentasi serta pengeringan.

Perangkat ini sendiri memiliki beberapa fitur seperti notifikasi dan alert yang mengatur batas atas dan bawah di setiap variabel, kemudian memberikan peringatan jika kondisi lingkungan melampaui batas tersebut. Hal ini agar biji kopi tidak mengalami under-processed ataupun over-processed, terlebih dalam perubahan kondisi iklim dan cuaca.

Pengguna kemudian juga dapat melakukan pengawasan terhadap data-data tersebut kapan pun dan dimanapun melalui perangkat seluler yang dimiliki. Perangkat ini juga memberikan manfaat berupa memetakan dan memperbaiki best practice dari proses produksi kopi, di mana setiap daerah tentu akan berbeda dengan daerah lainnya.

Lalu dalam konteks riset, XL Smart Coffee Monitoring juga dapat menyediakan data-data dari proses produksi kopi secara unik. Perangkat ini juga dapat digunakan oleh pemroses ataupun produsen kopi dari mulai sekelas UMKM hingga perusahaan dalam skala industri besar. Selain itu, dapat diterapkan pula di daerah-daerah penghasil kopi yang banyak hingga ke pelosok.

Feby menyampaikan bahwa pihaknya telah mengembangkan solusi Smart Coffee Monitoring selama setahun belakangan, dari yang awalnya merupakan single probe sensor, kini diperbaharui menjadi multi-probe dengan firmware yang sudah mengalami upgrade.

“Perangkat IoT kami juga didesain sedemikian rupa supaya mudah dan aman digunakan oleh petani dengan adanya touch screen display dan electrical safety sehingga kami semakin optimis solusi ini akan sangat membantu para petani kopi,” jelas Feby.

Sementara Direktur Eksekutif SCOPI Paramita Mentari Kesuma mengatakan, bahwa XL Axiata merupakan perusahaan pertama yang menjalin kerja sama dengan SCOPI dalam penggunaan teknologi untuk teknik pascapanen kopi.

“Ini menjadi salah satu modal pendukung utama untuk meningkatkan diseminasi informasi, pengetahuan, dan peluang akses ke pasar di sektor pertanian. Salah satunya untuk membantu para petani kopi Indonesia. Terima kasir XL Axiata, melalui sistem IoT telah merealisasikan langkah untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi,” ungkap Paramita.


Bagikan artikel ini