NAP Lintas Nusa Hadirkan Layanan INI Cloud

  • 12 Des 2018 14.09 WIB
  • dilihat 0 kali

Launching INI Cloud di Jakarta

Tren transformasi digital di Indonesia meningkat dengan pesat, dimana dengan semakin banyaknya perusahaan yang melakukan transformasi digital maka kebutuhan layanan cloud computing sebagai tulang punggung transformasi digital juga akan semakin meningkat. Hal tersebut disampaikan oleh Alex Budiyanto, selaku Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI). "Saat ini semua institusi harus melakukan transformasi digital untuk bisa terus bersaing, salah satu kunci dari transformasi digital adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dan cloud computing adalah fondasi utama dalam tranformasi digital untuk mencapai hal tersebut", ujarnya. 

Dengan potensi pasar di Indonesia yang menjanjikan, PT NAP Info Lintas Nusa meluncurkan layanan Intellegent Network Infrastructure Cloud yang disingkat dengan INI Cloud. PT NAP Info Lintas Nusa sendiri adalah sebuah perusahaan penyedia infrastruktur jaringan dan teknologi informasi yang sudah berdiri sejak tahun 2000 dan merupakan perusahaan swasta pertama di Indonesia yang sukses menggelar kabel laut optik Jakarta-Singapura sepanjang 1.055 km.

“INI Cloud menyediakan layanan Infrastructure as a Service (IaaS) private dengan memanfaatkan teknologi hyper-converged termutakhir, INI Cloud memungkinkan skalabilitas dan manajemen sumber daya dengan mudah, yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui dashboard yang disediakan. INI Cloud memberikan solusi komputasi yang aman dan sederhana dengan harga bersaing bagi pengguna,” jelas Omar Nasution, Direktur PT NAP Info Lintas Nusa saat peluncuran INI Cloud di McGettigan Menara BTPN Mega Kuningan Jakarta (12/12/2018).

Untuk layanan private cloud ini, INI Cloud menempatkan data center di Jakarta, Singapura dan Los Angeles, dan dalam waktu dekat akan ditambahkan juga di Batam. Untuk data center yang ditempatkan di AS, INI Cloud bekerja sama dengan Virtalus, perusahaan hyper converged Infrastructure berbasis di Los Angeles, AS. "Data center kita tempatkan di Jakarta. Kita kebetulan juga punya fasilitas di Singapura. Beberapa cluster kita ada di Los Angeles dan kita juga sedang siapkan data center di Batam," ungkap Nusa Herlambang yang merupakan Head of Sales and Marketing PT NAP Info Lintas Nusa.

Layanan INI Cloud ini, lanjut Nusa Herlambang, membidik segmen korporasi menengah ke atas yang masih memiliki infrastruktur data center tradisional terutama yang bergerak di sektor keuangan dan e-commerce. Nusa menegaskan bahwa saat ini INI Cloud hanya memberikan layanan private cloud. Ada tiga produk yang saat ini ditawarkan, yaitu:

  1. INI Cloud Pro
    Layanan private cloud yang yang menggunakan data center milik PT NAP Info Lintas Nusa.
  2. INI Cloud Hybrid
    Layanan hybrid cloud yang memungkinkan integrasi antara data center milik pelanggan dengan data center milik PT NAP Info Lintas Nusa.
  3. INI Cloud On Premise
    Layanan private cloud yang di host di data center pelanggan atau sesuai dengan keinginan pelanggan. 

Perusahaan yang juga memiliki dan mengoperasikan infrastruktur kabel serat optik bawah laut berkualitas tinggi Matrix Cable System, serta jaringan interkoneksi Matrix Cable Internet Exchange (MC-IX) yang terhubung langsung ke penyedia OTT (Over the Top) dan CDN (Content Delivery Network) di seluruh dunia ini meyakini dengan portfolio dan pengalaman yang mereka miliki, akan bisa mendapatkan market share di tengah banyaknya penyedia layanan Cloud Computing di Indonesia.