Enseval Manfaatkan Cloud untuk Permudah Akses Produk Kesehatan


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Anak perusahaan Kalbe Group, Enseval dalam rangka mendukung distribusi serta memperluas akses ke berbagai produk kesehatan memanfaatkan layanan cloud computing. Kalbe Group melalui PT Enseval Putera Megatrading Tbk pun mengembangkan Electronic Mobile Order System (EMOS) yang berbasis cloud.

EMOS sendiri dikembangkan untuk menjawab berbagai tantangan yang sering dihadapi oleh principal, distributor, hingga retailer di sepanjang rantai pasokan untuk distribusi produk kesehatan.

Menurut Direktur PT EMOS Global Digital Timotius Samanuli, terdapat pain point dalam setiap titik di sepanjang rantai pasok atau supply chain. Misalnya saja ketersediaan produk, dashboard performa produk, hingga informasi yang tidak sampai mengenai promosi produk dari principal ke distributor dan retailer.

Sementara distributor sendiri mengalami tantangan biaya operasional yang tinggi serta keterbatasan area untuk distribusi produk. Maka dengan platform distribusi digital khusus yang berbasis cloud, EMOS, diharapkan dapat mendukung usaha-usaha yang bergerak di bidang kesehatan untuk memesan berbagai produk melalui marketplace digital.

“Saat ini, EMOS telah memiliki lebih dari 120 ribu pelanggan di seluruh Indonesia, bekerja sama dengan lebih dari 150 mitra distributor dan lebih dari 100 prinsipal,” jelas Timotius dalam keterangan resminya, melansir dari InfoKomputer, Jumat (25/3/2022).

Timotius juga menjelaskan bahwa dalam marketplace digital ini, terdapat sejumlah fitur yang akan memudahkan pemesanan produk, seperti pengelolaan pemesanan, platform pemasaran yang terintegrasi, sistem pembayaran non-tunai, hingga program loyalitas digital.

Mayoritas dari infrastruktur teknologi informasi EMOS yang dioperasikan oleh PT EMOS Global Digital ini pun telah dikelola di layanan cloud computing atau komputasi awan dari Amazon Web Services (AWS) sejak akhir tahun 2019 lalu.

Migrasi ke cloud ini dilakukan seiring dengan bertumbuhnya jumlah pengguna EMOS yang membeli produk melalui gawai, sehingga ekspektasi akan pengalaman digital yang mudah juga meningkat.

PT EMOS Global Digital memanfaatkan solusi Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) untuk menambah sumber daya secara otomatis sehingga mampu melayani permintaan yang meningkat drastis di waktu-waktu puncak, seperti akhir bulan ataupun saat promosi produk.

Timotius menuturkan bahwa perusahaan kemudian dapat mengurangi durasi transaksi di aplikasi EMOS dari hitungan menit ke hitungan detik. Hal ini akan membuat tahap pemesanan menjadi jauh lebih cepat dan mudah bagi pelanggan.

EMOS juga memanfaatkan solusi Amazon Relational Database Service (Amazon RDS) untuk lebih memudahkan pengoperasian relational database di dalam cloud. Menurut Timotius, pemanfaatkan RDS dapat memangkas waktu pengelolaan database sehingga tambahan waktu luang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan layanan, fitur, dan aplikasi baru dengan cepat.

“Kami dapat mengembangkan layanan-layanan digital baru di AWS dengan kecepatan tinggi. Produk kesehatan menjadi lebih mudah diakses sehingga akses kesehatan masyarakat pun semakin baik,” ujar Timotius.

Timotius mengungkap, dengan memanfaatkan cloud dari AWS, perusahaan dapat memperoleh manfaat berupa kelincahan dan skalabilitas yang pada gilirannya mendukung perusahaan untuk meningkatkan ketersediaan produk-produk kesehatan, serta memajukan kesehatan masyarakat.

Menurut Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto, Enseval menggandeng AWS untuk dapat melaksanakan visinya, yakni menjadi distributor layanan kesehatan nomor satu di Indonesia. Kapabilitas AWS pun memungkinkan platform EMOS milik Enseval untuk berinovasi dan meningkatkan layanan e-commerce ketika dibutuhkan.

“Hasilnya, produk kesehatan tiba lebih cepat, dan pelayanan pelanggan juga terus ditingkatkan,” pungkas Gunawan.


Bagikan artikel ini