Infrakstruktur Hybrid Cloud Nutanix Cluster, Kini Tersedi Di AWS


Amazon Web Services Logo

Ilustrasi Logo Amazon Web Services

Nutanix cluster saat ini sudah dapat ditemukan pada cloud AWS untuk para pengguna yang ada di Indonesia. Pelanggan yang menggunakan server fisik dedicated Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2 ) dapat dengan mudah menggunakan software HCI dari Nutanix. Perusahaan layanan cloud ini telah menghadirkan infrastruktur hybrid cloud berupa single stack yang dapat mengintegrasikan antara komputer dan penyimpanan, operasi terpadu di seluruh private dan public cloud, jaringan terintegrasi dengan AWS, dan portabilitas lisensi dari private hingga public cloud untuk mengatasi kendala teknis dan operasional di era hybrid cloud.

Menurut Gartner, pada tahun 2021 untuk memenuhi kebutuhan sumber daya IT-nya  90% organisasi akan menerapkan model multicloud atau hybrid cloud. Namun, organisasi harus siap dengan kompleksitas, biaya pengelolaan private dan public cloud serta biaya operasional.

Adanya solusi terpadu yang memberikan pengalaman, tooling, dan praktik operasional yang konsisten dapat mengurangi pemborosan. Selain itu, organisasi mendapatkan keuntungan dari fleksibilitas itu untuk memilih cloud yang tepat bagi setiap workload. Dengan demikian memungkinkan berbagai perusahaan dapat mempercepat inisiatif digital, mengoptimalkan pengeluaran, dan mempertegas prioritas mereka di era COVID-19.

Nutanix Cluster hadir untuk memudahkan pengelolaan lingkungan hybrid serta mobilitas tanpa kendala pada private dan public cloud tanpa desain ulang aplikasi dikarenakan sudah terintegrasi dengan AWS. Pelanggan memiliki fleksibilitas untuk memilih lingkungan cloud yang tepat bagi setiap aplikasi dengan manfaat tambahan dari portabilitas lisensi di seluruh cloud sehingga lebih efisien.

Software stack Nutanix di private dan public cloud dapat digunakan pelanggan dengan sepenuhnya. Hal ini mencakup file-file solusi penyimpanan tak-terstruktur, solusi orkestrasi aplikasi Calm, solusi administrasi database Era, dan banyak lagi.

“Kami senang bisa mendukung perluasan lingkungan private cloud pelanggan ke dalam AWS dengan peluncuran Clusters di AWS ini. Ini memberikan fleksibilitas kepada para pelanggan untuk mendapatkan hasil maksimal dari lingkungan AWS dan Nutanix mereka,” ujar Doug Yeum, Worldwide Channels and Alliances Head di Amazon Web Services, Inc.

“Para pelanggan kini memiliki kesempatan untuk memanfaatkan Nutanix Clusters di AWS dan menjalankannya secara berdampingan dengan aplikasi cloud-native di AWS dan mempercepat transformasi digital mereka.” Tambahnya.

Inilah fitur-fitur utama Nutanix Clusters:

  • Memudahkan pengguna beralih ke cloud.
  • Operasional yang efisien dengan lingkungan cloud terpadu.
  • Integrasi jaringan built-in dengan AWS sehingga lebih mudah dalam implementasi dan kinerja.
  • Optimalisasi biaya cloud.
  • Nutanix Clusters di AWS memberikan pilihan bagi pelanggan untuk menggunakan kembali hardware di on-premise atau kredit AWS saat mereka membangun lingkungan hybrid.

“Demi para pelanggan, kami selalu bekerja untuk membuat TI menjadi begitu sederhana sehingga tidak terlihat (invisible),” kata Tarkan Maner, Chief Commercial Officer Nutanix.

“Seiring perkembangan industri, fokus kami telah berkembang lebih dari sekadar data center, kami ingin membantu para pelanggan dalam mengelola kompleksitas dalam penggunaan multi-cloud, baik private maupun public. Nutanix Clusters di AWS adalah perwujudan dari visi tersebut. Hal ini memberi fleksibilitas penuh karena berbagai perusahaan membuat program sekali saja dan menggunakannya di mana saja, memanfaatkan skala, lokasi, integrasi, dan harga dalam berbagai opsi - inilah visi sebenarnya dari hybrid cloud.” tambahnya.