Nutanix Hadirkan Inovasi Baru HCI untuk Kinerja Lebih Cepat


HCI

Ilustrasi HCI

Nutanix, perusahaan yang bergerak dalam bidang cloud computing ini menghadirkan inovasi baru pada hyperconverged infrastructure (HCI). Inovasi ini dapat meningkatkan kinerja hingga 50 persen lebih cepat, menyederhanakan multicloud dengan kemampuan native virtual networking, monitoring keamanan yang menyeluruh untuk mendukung strategi Zero-Trust, serta kemampuan otomatisasi dan budgeting untuk sumber daya cloud. Nutanix juga telah menetapkan standar inovasi untuk solusi HCI ini sehingga modernisasi dapat dijangkau oleh semua organisasi.

Peningkatkan kinerja HCI dilakukan Nutanix dengan memanfaatkan teknologi penyimpanan (storage) yang mencakup SSD berbasis NVMe dan Intel Optane SSD. Teknologi baru ini dapat menghasilkan latensi yang lebih rendah, sehingga kinerjanya menjadi 50% lebih cepat untuk beban kerja I/O yang intensif, seperti database besar dan aplikasi kesehatan berskala besar. Teknologi ini juga mampu meningkatkan densitas VM yang dapat menurunkan total cost of ownership (TCO) untuk semua aplikasi.

Selain itu, Nutanix juga menggunakan teknologi Blockstore yang dapat mengelola storage secara mandiri dengan efisiensi yang jauh lebih besar ketimbang sistem file tradisional. Program HCI juga mendukung Storage Performance Development Kit (SPDK), yaitu open source library yang dikembangkan oleh Intel. Hal ini memungkinkan aplikasi mengakses kapasitas NVMe secara langsung dan menghindari overhead di level sistem operasi atau kernel sehingga mendorong kinerja yang lebih cepat.

Flow Security Central juga hadir dalam software HCI untuk memunculkan suatu hub bagi operasional keamanan agar pelanggan dapat mengakses seluruh postur keamanan dari Nutanix, rekomendasi mendetail tentang tata kelola lingkungan, dan menyajikan visibilitas jaringan serta konteks yang dibutuhkan untuk mengamankan jaringan cloud dan aplikasi.

Nutanix juga mengumumkan fitur keamanan baru untuk membantu pelanggan memperkuat strategi Zero-Trust. Fitur-fitur keamanan ini termasuk extension ke native key manager dan data encryption Nutanix yang sangat bermanfaat pada  penerapan edge dan ROBO untuk menghadirkan lingkungan yang lebih simpel. AHV juga hadir untuk membantu melindungi desktop Windows VDI dari serangan memori yang besar. Nutanix mengumumkan juga sertifikasi keamanan terbaru FIPS 140-2.

Pihak Nutanix pun menyatakan bahwa mereka sedang mengembangkan kemampuan jaringan virtual baru di Nutanix Flow, yang terintegrasi secara native ke dalam program stack Nutanix HCI. Flow networking akan menyederhanakan task dalam memanipulasi jaringan berbasis software. Jaringan ini akan menghubungkan aplikasi yang sedang berjalan di pusat data center dan di lingkungan public cloud, menyederhanakan jaringan secara signifikan untuk penerapan hybrid dan multi-cloud.

Nutanix menambahkan juga insight aplikasi yang canggih dan otomatisasi dalam rangka memecahkan berbagai bottleneck dalam infrastruktur aplikasi pada versi terbaru dari Prism Ultimate. Hal ini untuk menawarkan visibilitas terhadap konsumsi sumber daya TI di cloud untuk menghemat biaya TI yang ditargetkan serta penganggaran yang lebih akurat. Selain itu, Nutanix Prism juga dapat memantau lingkungan non-Nutanix, termasuk virtualization stack yang populer.